Bonus Buat 13 Atlet Ciamis Peraih Medali di PON Papua Akhirnya Cair

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 14:23 WIB
Ciamis -

Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh kepada 13 atlet yang berprestasi pada PON XX Papua 2021. Pembagian bonus ini dilakukan langsung Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di Aula Setda Ciamis, Selasa (26/10/2021).

Besaran uang yang diberikan kepada para atlet bervariatif tergantung medali yang didapat. Ada yang Rp 45.500.000, Rp 35.500.000, Rp 18.500.000, Rp 9.500.000, hingga Rp 7.500.000.

"Alhamdulillah ini merupakan kebahagiaan bagi kami. Duta Ciamis, Duta Jabar Alhamdulillah bisa berbicara banyak. Dari 13 atlet ini diraih 10 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Ini baru terjadi di tahun ini. Mudah-mudahan bisa lebih terbaik," ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Herdiat tidak mau menyebut besaran uang kadeudeuh yang diberikan kepada para atlet. Menurutnya nilai yang diberikan tidak seberapa dan tidak sesuai harapan. Mengingat kondisi APBD Ciamis yang sedang kurang baik akibat pandemi.

"Besarannya sebetulnya rahasia. Malu nilainya tidak seberapa. Ini sebagai bentuk perhatian, kadeudeuh dari Pemkab Ciamis kepada warganya yang berprestasi," jelasnya.

Herdiat mengingatkan kepada para atlet agar jangan berpuas diri. Harus punya capaian target event yang lebih tinggi. Bahkan atlet Ciamis berharap bisa sampai tingkat dunia.

Pemkab Ciamis pun menyatakan dukungannya terutama dari sarana dan prasarana. Tahun ini Pemkab Ciamis akan menyelesaikan Stadion Atletik bertaraf internasional. Bahkan dalam waktu dekat akan membangun Kolam Renang prestasi.

"Cabor renang banyak menyumbang medali, ada 8 medali. Secepatnya kita bangun kolam renang prestasi, kalau lahan sudah ada. Tinggal menyiapkan uangnya," pungkasnya.

Ketua KONI Ciamis Yasmin Sambas menyatakan uang kadeudeuh itu langsung cair, dikirim kepada masing-masing rekening atlet.

"Secara langsung diberikan kepada rekening atlet. Uang yang diberikan ini bentuk perhatian atau kadeudeuh bukan bonus. Kalau bonus itu di Jabar karena kemarin sebagai atlet PON Jabar. Total sekitar Rp 250 juta," jelasnya.

(mud/mud)