Modus Sewa Mobil, Pria Penipu Ini Diringkus Polisi di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 16:26 WIB
Penggelapan Mobil di Cianjur
Polisi menangkap pelaku penipuan dan penggelapan mobil di Cianjur. (Foto: dok.Polres Cianjur)
Cianjur -

JA (31) ditangkap anggota Polres Cianjur gegara aksi penipuan dan penggelapan mobil di Subang. Modus pria asal Sukabumi ini menyewa mobil milik korban.

Informasi yang dihimpun, penangkapan bermula ketika Polres Subang berkoordinasi dengan Polres Cianjur terkait adanya kasus penipuan dan penggelapan mobil. Setelah dilakukan penelusuran, pelaku berada di Cianjur beserta unit kendaraan yang digelapkan.

Mobil yang awalnya disewa pelaku dari korban di Subang, berstatus sudah digadaikan pada seorang warga di Cianjur dan rencananya dijual. "Jadi modusnya pelaku menyewa kendaraan ke korban. Namun sampai beberapa hari tidak ada kabar. Kemudian korban melapor dan dari hasil penyelidikan pelaku ada di Cianjur. Kami dari Polres Cianjur melakukan penyelidikan, dan diketahui kendaraannya sudah digadaikan. Rencananya dijual," ujar Kasat lantas Polres Cianjur AKP Mangku Anom, Senin (25/10/2021).

Menurutnya, petugas memancing pelaku dengan berpura-pura menjadi calon pembeli. Pelaku akhirnya bersedia bertemu kawasan Jalan KH Abdullah bin Nuh, Cianjur.

Pelaku ditangkap petugas Satlantas Cianjur yang tengah bertugas. "Kami dapat info jika pelaku menggunakan mobil putih. Kemudian diinfokan ke petugas di lapangan dan berhasil dipepet serta diamankan di depan minimarket di kawasan Jalan KH Abdullah bin Nuh," kata Anom.

Anom menuturkan pelaku serta barang bukti satu unit mobil langsung diamankan ke Mapolres Cianjur dan selanjutnya diserahkan ke Polres Subang. "Sudah diserahkan ke Subang, karena korban melaporkan kasus tersebut di Subang. Kita hanya membantu menangkap pelaku yang kebetulan berada di wilayah hukum Cianjur," tutur Anom.

(bbn/bbn)