Diguyur Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Mobil di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 17:28 WIB
Pohon Tumbang di Ciamis
Petugas menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa mobil di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Pohon tumbang menimpa satu mobil yang parkir di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Ciamis. Saat kejadian itu hujan deras mengguyur Ciamis.

Kejadian itu berlangsung Jumat (22/10/2021) sore. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Pohon tumbang ini pun sempat membuat arus lalu lintas di perkotaan tersendat dari arah Ciamis menuju Banjar. "Jadi kejadiannya saat hujan deras dan angin. Memang kondisi pohon sudah miring ke jalan, bagian akarnya sudah renggang," ujar Supriatno, juru parkir di lokasi kejadian.

Supriatno mengaku sudah mengingatkan pemilik kendaraan agar tidak parkir di bawah pohon tersebut. Namun tetap memaksa parkir dan pemiliknya masuk kantor. Tak lama kemudian hujan deras dan pohon tumbang.

"Jadi tumbangnya itu pelan-pelan tidak sekaligus tumbang. Kondisi mobil yang tertimpa kosong tidak ada penumpangnya, sedang parkir," ujar Supriatno.

Kabid Darlog BPBD Ciamis Memet Hikmat mengatakan pihaknya mengerahkan delapan orang ke lokasi untuk mengevakuasi dan memotong pohon tumbang itu. "Satu kendaraan yang tertimpa. Tidak ada orangnya dan tidak ada korban jiwa. Penyebabnya hujan deras dan angin, kemungkinan beban pohon berat sehingga tumbang," ucap Memet di tempat kejadian.

Memet mengingatkan soal bencana hidrometeorologi. Sehingga, kata dia, akan sering terjadi tiba-tiba hujan deras secara mendadak disertai angin dan petir.

"Kami sekarang melakukan evakuasi pohon yang tumbang. Kami juga melakukan pemangkasan pohon di sampingnya untuk antisipasi. Kita tidak menebang karena harus ada izin," ujar Memet.

(bbn/bbn)