Wisatawan yang Hilang di Perairan Teluk Palabuhanratu Ditemukan Tewas

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 10:58 WIB
Penemuan mayat di Sukabumi.
Foto: Penemuan mayat di Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Usep Munawar, wisatawan asal Kota Sukabumi yang hilang di perairan teluk Palabuhanratu akhirnya ditemukan dengan kondisi tak bernyawa, Jumat (22/10/2021).

Jasad korban ditemukan tim Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi yang melakukan pencarian menggunakan perahu congkreng sejauh 5 mil dari tempat kejadian korban dilaporkan hilang.

"Alhamdulillah, korban sudah ditemukan sekitar pukul 08.40 WIB, oleh Tim Sarda. Korban ditemukan sejauh 5 mil dari tempat korban dikabarkan hilang pada Rabu (20/10)," kata Okih Fajri, koordinator FKSD melalui sambungan telepon dengan detikcom, Jumat (22/10/2021).

Okih menduga jasad korban terseret jauh karena kuatnya gelombang di perairan tersebut sejak kejadian hingga proses pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan selama dua hari terakhir tidak membuahkan hasil.

"Kondisi cuaca sejak proses pencarian pertama memang kurang bersahabat, pagi tadi kami coba kembali melakukan pencarian. Dari lokasi korban hilang itu sejauh 5 mil laut ke tengah, terbawa ke tengah di lurusan GISBH," jelas Okih.

"Saat ini proses evakuasi, jasad korban kami bawa ke Dermaga Pengumpan kemudian nanti akan dibawa ke RSYD Palabuhanratu," ucap Okih.

Diberitakan sebelumnya, 2 wisatawan terseret ombak di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Satu orang berhasil diselamatkan, sementara satu lainnya masih hilang dan dalam pencarian.

Kejadian itu berlangsung Rabu (20/10). Korban terseret arus yang berhasil diselamatkan atas nama Kholid, sedangkan wisatawan yang hilang bernama Usep Munawar. Keduanya warga Kota Sukabumi.

"Wisatawan seperti biasa melakukan aktivitas mandi di bibir pantai, kebetulan di lokasi tersebut arusnya kencang dan permanen," ujar Kepala Bidang Kemitraan dan Kerjasama Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Rizky Faizal, Kamis (21/10).

(sya/mso)