Ngerinya Isi 'Perut' Drainase Kota Bandung yang Dipenuhi Sampah

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 13:19 WIB
Drainase Kota Bandung dipenuhi sampah plastik.
Foto: Drainase Kota Bandung dipenuhi sampah plastik (Istimewa).
Bandung -

Sejumlah drainase di Kota Bandung dipenuhi sampah. Akibatnya saat hujan turun air sering meluap ke jalan.

Untuk mengantisipasi genangan air yang kian parah, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung terus melakukan pembersihan drainase di sejumlah titik. Terutama titik yang kerap dilanda banjir.

Kepala DPU Kota Bandung Didi Riswandi mengatakan dalam sekali pembersihan sampah yang dilakukan, pihaknya bisa mengangkut sampah plastik hingga satu mobil pick up.

"Satu kol buntung (pick up)," kata Didi saat dihubungi, Kamis (21/10/2021).

Didi menyebut, pihaknya tidak akan bosan melakukan pembersihan sampah yang ada di saluran drainase Kota Bandung. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi banjir parah.

"Itu bukan kali ini saja, sering (kita bersihkan)," ucapnya.

Pihaknya berharap agar warga Kota Bandung tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke saluran drainase. Menurutnya, kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan banjir.

"Saya harap masyarakat punya kepedulian, yang kebanjiran kan sodetannya juga, timbul masalah sanitasi yang kena kan saudara kita juga," ucapnya.

"Intinya harus peduli dengan lingkungan, jangan sampai menimbulkan bencana. Hal ini terjadi karena tidak ada empati dari masyarakat," tambahnya.

Didi menuturkan, ada beberapa titik drainase di Kota Bandung menjadi lokasi yang ditemukan banyak sampah. "Jalan Soekarno-Hatta dekat Jalan Holis, belum Andir, Kopo Citarip, UPT Tegallega sering temukan botol gitu," ujarnya.

Simak juga 'Wujud Insinerator Jepang yang Dikembangkan Pemkot Bandung-UPI':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)