Guru Besar UPI Soroti 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 12:07 WIB
Pasangan capres cawapres Joko Widodo dan Maruf Amin menyampaikan pidato kemenangan seusai rekapitulasi nasional Pilpres 2019 di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).
Jokowi dan Ma'ruf Amin (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)

Selain soal politik, Cecep pun menyebut masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Jokowi dan Ma'ruf Amin di sisa jabatannya. Salah satunya terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di sektor pendidikan dan ekonomi.

Untuk sektor pendidikan, kata Cecep, Jokowi perlu memperhatikan soal angka rata-rata sekolah. Menurutnya, perlu ada kebijakan dalam soal pendidikan ke depannya.

"Dari sisi pendidikan, angka rata-rata sekolah di kita itu masih 8 artinya rata-ratanya hanya sampai kelas 2 SMP, harus ada terobosan kebijakan dari Kemendikbud," ucapnya.

Sementara sisi ekonomi, Cecep menilai, pemerintah perlu membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran. Terlebih saat ini, kondisi Indonesia tengah dihantam COVID-19.

"Tapi sektor ekonomi rill di masyarakat memperbanyak lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran, COVID-19 juga sudah melandai. Disparitas masyarakat juga harus diperbaiki, antara kaya dan miskin jangan seperti jurang yang sangat jauh," ujar Cecep.


(dir/bbn)