Reaksi Pemdes soal Gudang Janda Muncul di Wikipedia

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 13:44 WIB
Halaman Wikipedia terkait nama Desa Gudang Janda di Cianjur
Nama Desa Gudang Janda muncul di Wikipedia. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Pemerintah Desa (Pemdes) Gudang bereaksi soal nama desa yang keliru penulisannya di Wikipedia. Mereka segera mengubah kembali nama desanya itu. Sebab, nama Desa Gudang Janda di Wikipedia dikhawatirkan menjadi stigma di masyarakat.

Sekretaris Desa Gudang Cicih memastikan nama desanya di Wikipedia tidak tepat. Justru nama yang benar yakni Desa Gudang. "Hanya Desa Gudang kang, bukan Gudang Janda. Tidak ada kata Janda," ucap Cicih, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, pihak desa akan segera memperbaiki informasi yang salah tersebut. "Segera akan diperbaiki, karena yang benar Desa Gudang bukan Desa Gudang Janda," kata Cicih.

Senada diungkapkan Camat Cikalongkulon Nana R Viktoria. Dia segera berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Cianjur untuk memperbaiki nama desa yang salah di Wikipedia.

Nana menjelaskan penambahan kata 'Janda' berpotensi menimbulkan salah persepsi di masyarakat yang seolah Desa Gudang banyak janda. "Sudah diinformasikan ke Diskominfo minta secepatnya menyunting kembali informasi yang keliru. Khawatirnya jadi banyak yang datang mencari janda, dengan nama yang salah tersebut. Padahal kan tidak seperti itu, namanya juga Desa Gudang saja," tutur Nana.

Desa Gudang CianjurKantor Desa Gudang Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Penulisan nyeleneh nama salah satu desa di Kabupaten Cianjur muncul di situs Wikipedia. Desa tersebut ditulis dengan nama Desa Gudang Janda.

Nama Desa Gudang Janda di Wikipedia ini masuk wilayah Kecamatan Cikalongkulon. Penjelasan soal Desa Gudang Janda di Wikipedia itu disunting oleh akun Mayang Krisna pada tujuh bulan lalu.

(bbn/bbn)