Pulang Kampung, Atlet PON Papua Asal Kuningan Disambut Bak Pahlawan

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 18 Okt 2021 15:12 WIB
Atlet PON pulang ke Kuningan mendapat sambutan meriah.
Foto: Atlet PON pulang ke Kuningan mendapat sambutan meriah (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Penyambutan luar biasa meriah diberikan Pemkab Kuningan kepada para atletnya yang berlaga di ajang PON Papua 2021. Para atlet yang pulang kampung disambut bak pahlawan oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Pantauan detikcom, Senin (18/10/2021), para atlet ini tiba di kawasan Tugu Ikan Sampora Kuningan sekitar pukul 12.00 WIB. Kedatangan mereka telah ditunggu oleh ratusan masyarakat dan keluarga masing-masing.

Setibanya di Tugu Ikan Sampora, para atlet yang bergabung dengan kontingen Jawa Barat ini langsung diarak menuju Pendopo Bupati Kuningan menggunakan bus wisata milik Pemkab Kuningan.

Meski cuaca dalam kondisi hujan, namun minat masyarakat untuk menyambut atlet-atlet yang telah mengharumkan nama Kuningan tidak surut. Menggunakan motor dan mobil pribadi, mereka ikut dalam rombongan konvoi.

Atlet PON pulang ke Kuningan mendapat sambutan meriah.Atlet PON pulang ke Kuningan mendapat sambutan meriah. Foto: Bima Bagaskara

Bahkan Bupati Kuningan Acep Purnama juga ikut langsung menjemput para atlet di Tugu Ikan Sampora. Sesampainya di pendopo, para atlet langsung dijamu makan siang.

Acep sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih para atlet. Menurutnya prestasi itu merupakan kebanggaan masyarakat Kuningan.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama menyaksikan peristiwa besar menerima kepulangan pahlawan olah raga asal Kuningan. Saya ucapkan terimakasih atas prestasi yang telah terukir oleh atlet dari berbagai cabang olahraga," kata Acep dalam sambutannya.

Acep juga mengaku sangat bangga dengan hasil akhir PON Papua karena Jawa Barat keluar sebagai juara umum. Menurutnya Kuningan telah memberikan kontribusi terbaik untuk capaian tersebut.

"Di balik kesuksesan Jabar sebagai juara umum saya sebagai kepala daerah bangga Kuningan bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk Jabar. Sekali lagi terimakasih atas perjuangan keras para atlet," ujarnya.

Tidak hanya penyambutan, Pemkab Kuningan juga memberikan bonus bagi 17 atlet asal kota kuda ini.

"Kita memberikan bonus bagi para atlet, yang dapat emas Rp 10 juta, yang perak Rp 5 juta dan perunggu Rp 1 juta. Yang tidak dapat medali juga kita berikan bonus," ucap Acep.

Menurut Acep bonus yang diberikan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Pemkab Kuningan kepada para atlet yang telah berjuang di PON Papua.

Namun Ia mengungkapkan, prestasi yang diraih atlet-atlet itu tidak terlepas dari sentuhan-sentuhan non teknis yang diberikan.

"Kami betul-betul memperhatikan dan memperlakukan mereka dengan kasih sayang dan itu faktor non teknis yang mempengaruhi atlet agar bisa berprestasi," jelasnya.

Atlet asal Kuningan yang berlaga di PON Papua tercatat ada 17 orang. Dari total atlet tersebut 9 medali emas dan tiga medali perak berhasil dibawa pulang ke Kuningan.

Mereka yang meraih medali ialah Tresna Puspita 2 medali emas, Susi Susanti, Maria Magdalena, Ulfa Silviana, Fitria Martiningsih, Eki Febri Ekawati, Asep Nurdin dan Umar Wira dengan masing-masing 1 medali emas.

Kemudian ada Ika Puspa Dewi, Walmer Pasiale dan Ulfa Silviana dengan masing-masing meraih 1 medali perak.

(mso/mso)