Diteror Debt Collector Pinjol Ilegal Sleman, Warga Bandung Alami Trauma

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 09:33 WIB
Pinjam Online Abal-abal
(Foto: Pinjam Online Abal-abal (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Bandung -

TM (39), warga Jawa Barat yang terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal Sleman mendapat teror dari debt collector. Cacian hingga ancaman diterima TM dari debt collector melalui ponselnya.

TM mengaku terjerat pinjol ilegal dengan aplikasi bernama 'tunai cepat' itu gegara terjebak SMS yang masuk ke ponselnya. Dia mengklik tautan dalam isi pesan yang masuk hingga tertera memiliki utang. Uang terus-terusan dikirim meski TM tak mengajukan hingga di angka terakhir tagihannya Rp 2,8 juta.

TM bercerita soal teror yang dia terima. Mulanya, debt collector mengirim pesan dengan kalimat cacian ke WhatsApp pribadinya.

"Masuk ke HP pribadi saya. Terus kontak keluarga. Mereka langsung menghakimi saya, akhirnya saya down secara psikis dan mental saya," ujar TM saat ditemui di kantor kuasa hukum Hawe and Associates di Antapani, Kota Bandung, Sabtu (16/10/2021).

Detikcom sempat melihat isi pesan yang dikirimkan debt collector pinjol ilegal itu ke ponsel TM. Memang, rata-rata isi pesannya berupa makian dengan kata-kata kasar.

TM bahkan mengaku sempat diancam identitasnya serta kondisi dia memiliki utang disebar ke seluruh kontak yang ada di ponselnya. Hal ini membuat kondisi TM semakin menurun hingga berpengaruh pada kehidupan pribadi sekaligus pekerjaannya. TM sendiri diketahui bekerja sebagai karyawan swasta di Bandung.

"Ada rasa takut ketemu orang, karena ada ancaman. Saya khawatir terhadap keluarga saya, sampai sekarang saya juga belum bisa bekerja dengan normal, karena ada rasa khawatir ketemu orang yang ada diphone book telepon saya," kata dia.

Terparah, teror-teror itu membuat kondisi kesehatannya juga menurun. Bahkan dia harus dirawat di rumah sakit akibat beban pikiran pinjol ilegal.

"Saya kira mau stroke, karena posisi tangan dan kaki keram semua. Saya dibawa ke IGD dilakukan berbagai macam cek, ternyata saya kekurangan kalium, efeknya seperti itu," tutur dia.

Tonton juga Video: Adu Mulut Pemilik Mobil vs Debt Collector di Makassar, Ini Hasilnya

[Gambas:Video 20detik]