Malam Minggu, Jalur Cadas Pangeran Sumedang Macet Panjang

Nur Azis - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 20:48 WIB
Jalan cadas pangeran macet
Foto: Nur Azis
Sumedang -

Antrean kendaraan kurang lebih sepanjang 7 kilometer terjadi di Jalan Raya Sumedang-Bandung, Sabtu (16/10/2021) malam.

Antrean terjadi lantaran imbas dari adanya perbaikan Jalan Nasional kurang lebih sepanjang 30 meter di Kawasan Kampung Simpang, Desa Ciptasari, Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Pantauan detikcom di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB, buntut kemacetan tampak mulai dari Jalan Cadas Pangeran hingga ke titik perbaikan.

Perbaikan yang memakan setengah badan jalan itu, menyebabkan arus lalu lintas terpaksa diberlakukan sistem buka tutup.

Akibatnya, antrean panjang kendaraan pun tidak terelakan dari mulai kendaraan pribadi, truk dan bus. Para pengendara harus bersabar menunggu antrean saat memacu kendaraanya.

"Macet pas mulai masuk kawasan Cadas Pangeran ini, ya nunggu lumayan sudah 15 menitan," ungkap Tono, salah seorang pengemudi.

Ia mengatakan sebelumnya arus lalu lintas di Sumedang cukup lancar. Ia bersama keluarganya yang hendak menuju ke Kota Bandung baru merasakan macet parah dari saat memasuki kawasan Cadas Pangeran.

"Sebelumnya arus lalu lintas cukup lancar, disini aja baru merasakan macet parah," ujarnya.

Tidak hanya di Jalan Raya Sumedang-Bandung, akibat perbaikan jalan itu, kemacetan pun terjadi di kawasan Jalan Simpang Parakan Muncang atau arus lalu lintas dari arah Cicalengka Kabupaten Bandung ke arah Sumedang.

Hal itu lantaran perbaikan jalan berada tepat di persimpangan jalan yang mempertemukan dua arus lalu lintas dari jalan Raya Sumedang-Bandung dan Jalan Simpang Parakan Muncang. Antrean kendaraan kurang lebih sepanjang 2 kilometer pun terjadi disana.

"Kemacetan mulai terasa dari mulai masuk wilayah Warung Kawat, kalau di Parakan Muncang mah Lancar," kata Dodo salah seorang pengendaran yang juga warga Sumedang.

Sejak adanya perbaikan jalan yang telah berlangsung hampir 2 bulan ini, kemacetan menjadi pemandangan rutin di kawasan antara Jalan Cadas Pangeran hingga ke Kawasan Kecamatan Pamulihan. Apalagi seperti saat ini, saat dimana memasuki hari libur atau Sabtu malam.

Ia berharap perbaikan jalan dapat segera selesai karena perbaikan jalan tersebut sudah berlangsung cukup lama.

"Cepat-cepat bereslah, karena ini tiap hari macetnya, apalagi sekarang malam minggu," pungkasnya.

(ern/ern)