Faisal Selamat Saat Susur Sungai di Ciamis Berkat Uluran Tangan Perempuan

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 14:49 WIB
Faisal, siswa Mts Harapan Baru yang berhasil selamat saat insiden susur sungai di Ciamis
Foto: Bima Bagaskara
Majalengka -

Faisal Saiful Alip (13) bocah asal Desa Wangkelang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka berhasil lolos dari maut saat mengikuti kegiatan susur sungai sekolahnya, Mts Harapan Baru Ciamis. 11 temannya tewas dalam insiden pada Jumat (15/10/2021) itu.

Faisal yang saat itu mengikuti kegiatan susur sungai bersama teman-temannya sempat ikut tenggelam di Sungai Cileueur. Namun Ia berhasil selamat setelah ditolong oleh sosok perempuan misterius.

Ditemui detikcom di kediamannya, Faisal mengaku kegiatan susur sungai itu sudah direncanakan. Menurutnya semua siswa kelas 7 dan 8 di MTs Harapan Baru wajib ikut kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini (susur sungai) sudah direncanakan sebelum Jumatan di sekolah, seluruh siswa kelas 7 dan 8 wajib ikut menyusuri sungai," ucap Faisal, Sabtu (16/10/2021).

Awalnya kegiatan susur sungai itu kata Faisal berjalan biasa saja. Semua siswa yang ikut tampak riang gembira saat akan masuk ke sungai didampingi 2 orang guru. Para siswa yang ikut juga dibagi dalam beberapa kelompok.

Setelah mulai berjalan beberapa meter, Ia menuturkan suasana tiba-tiba mencekam. Kelompok siswa yang menyusuri sungai terpencar hingga kemudian terdengar suara minta tolong dari siswa yang tenggelam.

"Awalnya senang-senang pas baru masuk sungai itu, tapi kemudian perasaan tuh kayak angker sungainya. Terus jalan nah pas di tempat itu ada yang ke tengah ada yang ke pinggir. Saya lihat ada yang tenggelam. Pas ada yang tenggelam guru itu ripuh (bersusah payah) nyelamatin siswa," jelasnya.

Kondisi itu membuat Faisal dan dua orang temannya yang berdekatan panik. Saking paniknya, mereka pun ikut tenggelam ke dasar sungai. Faisal mencoba mencari pertolongan dengan mengulurkan tangan ke permukaan.

Tidak disangka-sangka, Faisal kemudian melihat ada sesosok perempuan berhijab mengulurkan tangan. Ia pun langsung meraih tangan perempuan tersebut hingga ke tepi sungai.

Namun Faisal sendiri mengaku tidak mengetahui persis siapa sosok perempuan itu. Ia pun tidak melihat jelas wajah dari perempuan yang menolongnya itu.

"Saya selamat karena ada perempuan yang mengulurkan tangan, jadi saya pegang tangan itu. Tapi enggak kelihatan gak tau siapa itu. Waktu itu saya berdua sama temen, saya tenggelam dia tenggelam saya, tapi ditolong sama teteh ini," ujar Faisal.

Setelah naik ke tepian sungai, Faisal baru menyadari dua temannya itu tidak tertolong. Dua teman Faisal yang dimaksud ialah Candra Rizki (12) asal Ciamis dan Fajri (13) asal Brebes.

Selain dua temannya itu, seorang sahabat Fasial sejak kecil yakni Aldo (13) yang juga asal Wangkelang turut menjadi korban meninggal dunia. Faisal sangat terpukul atas kejadian yang merenggut nyawa sahabatnya itu.

"Perasaannya sedih ya, sahabat dari kecil si Aldo ini," tutup Faisal.

Simak video 'Susur Sungai Renggut 11 Nyawa Siswa di Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)