9 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam Saat Kegiatan Susur Sungai

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 20:07 WIB
Ciamis -

10 orang siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, tenggelam di Sungai Cileueur saat kegiatan susur sungai, Jumat (15/10/2021). 9 orang siswa tewas, satu masih dicari.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian sejak sore. Satu per satu jasad korban tenggelam berhasil ditemukan. Jasad korban kemudian dievakuasi ke IPJ RSUD Ciamis.

Sampai dengan pukul 19.37 WIB dari 10 siswa yang hilang, 9 di antaranya sudah diketemukan meninggal dunia. Sedangkan seorang siswa masih dilakukan pencarian.

"Totalnya ada 10 orang, 7 laki-laki dan 3 orang siswa," ujar Pengurus Ponpes Cijantung Dandeu Rifai di lokasi kejadian.

Menurut Dandeu, ada sekitar 100 orang siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Namun ia belum mengetahui pasti judul kegiatan tersebut.

"Kegiatan harusnya ada izin dari pesantren. Kita fokus melakukan pencarian terlebih dahulu," ungkapnya.

Sebelumnya juga ada kejadian tenggelam sejumlah siswa dan selamat berkat bantuan warga yang sedang mancing. Ada dua orang yang masuk rumah sakit, 1 masuk HCU dan 1 hanya mendapat perawatan. Namun ketika BPBD Ciamis mengecek ke sekolah ternyata ada sejumlah siswa yang hilang. Diduga mereka tenggelam dan kemudian kembali melakukan pencarian.

(mud/mud)