Rampung, Tol Akses BIJB Kertajati Siap Dioperasikan

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:11 WIB
Tol akses bandaran Kertajati rampung, siap dioperasikan
Tol akses bandara Kertajati rampung, siap dioperasikan (Foto: Dok Astra Tol Cipali)
Majalengka -

Pembangunan jalan tol akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati kini telah rampung 100%. Jalan yang terhubung langsung dengan Tol Cipali di KM 158+700 ini siap untuk diresmikan dan bakal membuka konektivitas bagi wilayah Majalengka dan sekitarnya.

"Pembangunan akses BIJB Kertajati sudah rampung 100%, mulai dari konstruksi, pembangunan gerbang dan kantor gerbang tol juga perambuan sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimun) yang telah ditetapkan oleh Kemeterian PUPR," kata Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (15/10/2021).

"Kami berharap pengoperasian akses BIJB Kertajati ini dapat dilakukan segera setelah rampungnya ULF (Uji Laik Fungsi) dan juga SLO (Standar Layak Operasi)," ucap dia menambahkan.

Menurutnya pembangunan jalan tol akses tersebut rampung sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi beberapa waktu lalu.

"Hasil pekerjaan bagus dan bisa selesai tepat waktu yaitu September 2021 sehingga diharapkan pada November 2021 dapat beroperasi untuk mendukung konektifitas menuju Bandara Kertajati," jelasnya.

Saat ini kata Agung proses ULF sedang dilaksanakan oleh tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Bina marga, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, Subdit Keselamatan, Keamanan Jalan dan Jembatan, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Ia juga mengatakan, dalam pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati juga dibuat sebuah landmark yang berada di interchange. Landmark tersebut dibuat sesuai dengan ciri khas Jawa Barat dan mengusung tema 'Melodi Panarima' yang memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan.

"Diharapkan dengan dibangunnya landmark ini tidak hanya menjadi melodi untuk menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan masyarakat khususnya pengguna jalan tol, namun juga sebagai bentuk beautifikasi yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang memandangnya, sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali menjadi salah satu pengalaman positif bagi pengguna jalan," tutup Agung.

(mud/mud)