Jabar Juara Umum PON Papua, Ridwan Kamil: Buah Kerja Keras

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 11:22 WIB
Ridwan Kamil ngobrol santai dengan detikers di kediamannya
Ridwan Kamil (Foto: 20detik)
Bandung -

Jawa Barat memastikan menjadi juara umum dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Rentetan medali diraih para atlet asal Jabar.

Berdasarkan hasil perolehan, Jabar meraih 133 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Jabar mengungguli DKI Jakarta di posisi kedua yang meraih 110 emas, 91 perak dan 100 perunggu. Kemudian di posisi ketiga ada Jatim dengan raihan 110 emas, 89 perak dan 90 perunggu.

Dalam. PON Papua ini, cabang olahraga renang menjadi penyumbang medali terakhir. Di pertandingan terakhir itu, atlet renang Jabar menyumbang satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan hasil juara umum ini mengulang sejarah 70 tahun lalu. Saat itu, Jabar meraih juara umum berturut-turut.

"Ini penantian 70 tahun lalu di mana Jabar kembali juara umum berturut-turut sejak 1951-1953," ucap Kang Emil sapaannya dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (15/10/2021).

Emil mengatakan hasil ini merupakan buah perjuangan dan kerja keras para atlet saat berlaga di PON Papua. Dia pun mengapresiasi keberhasilan tim Jabar.

"Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerjasama seluruh stakeholder olahraga di Jawa Barat," kata dia.

Emil menambahkan motto Olimpiade itu tercepat, tertinggi dan terkuat. Namun, bagi Emil lebih dari sekedar itu.

"PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan. Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta para atlet kepada Jawa Barat," katanya.

(dir/mud)