Jabar Hari Ini: Tarif Parkir di Lembang Rp 150 Ribu-Iti Jayabaya Pimpin Demokrat Banten

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 21:51 WIB
Getok tarif parkir hingga Rp 150 ribu di Lembang.
Foto: Oknum warga getok tarif parkir Rp 150 ribu (Tangkapan layar video viral).

Rem Blong, Bus Bogor-Bandung Tabrak Pagar dan 4 Mobil yang Sedang Parkir

Kecelakaan terjadi di gerbang tol (GT) Sentul Barat Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Senin (11/10/2021) pagi. Bus Transjabodetabek tujuan Leuwiliang-Bandung mengalami rem blong dan menabrak beberapa mobil yang terparkir di samping gerbang tol.

"Kejadian tadi pagi. Ada 5 mobil yang terlibat kecelakaan. Tidak ada korban jiwa, satu orang luka ringan dan sudah dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Induk PJR Jawa Barat AKP Wahyu Subandi ketika dikonfirmasi detikcom, hari ini.

Wahyu menjelaskan peristiwa tersebut terjadi ketika bus Cahaya Bakti Utama (CBU) itu tengah melaju dari arah Yasmin menuju Bandung. Ketika menjelang pintu Tol Sentul, bus yang tengah mengangkut 30 penumpang itu hilang kendali sehingga menabrak pagar dan 4 mobil yang tengah diparkir depan PT. MSJ.

"Di KM 3, jalur Bandung bus berkecepatan tinggi dan sudah mulai hilang kendali, masuk ke KM 006 Bandung, sopir hilang kendali dan banting stir ke arah kiri dan tabrak pagar kantor PT MSJ. Nah di depan kantor, ada beberapa mobil sedang parkir, ada 4 mobil yang ditabrak. Bus baru berhenti dan berdiri dengan posisi normal (tidak terguling)," kata Wahyu.

Dari hasil penyelidikan sementara bus diduga mengalami rem blong sehingga tidak bisa dikendalikan dan menabrak pagar serta mobil yang tengah diparkir.

"Hasil penyelidikan sementara dari Laka Lantas ada kendala difungsi pengereman, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan. Seharusnya kalau sopir tenang, dia memilih menabrak kendaraannya ke Bulnus, Bulnus itu seperti gril yang ada di depan pintu tol. Kalau dia menabrak Bulnus, kendaraan akan berhenti dengan sendirinya. Itu fungsi dibuat Bulnus di depan pintu tol," kata Wahyu.

"Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah dibawa ke unit laka lantas Polres Bogor. Sopir masih dimintai keterangan," ujarnya.