Hangatnya Bursa Caketum PBNU Jelang Muktamar, Ini Harapan PWNU Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 14:58 WIB
gedung PBNU
Foto: Kantor PBNU (nu.or.id).
Bandung -

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar muktamar yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Desember 2021 di Lampung. Salah satu agenda yang akan dilaksanakan adalah pemilihan ketua umum PBNU, yang akan diselenggarakan dengan sistem voting.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah mengatakan saat ini pihaknya masih berkonsentrasi dengan konferensi wilayah yang akan terselenggara pada 30-31 Oktober mendatang. Walau demikian, ia menyambut baik gelaran hajatan PBNU lima tahunan itu.

"Mungkin nanti setelah itu ya (bahas Muktamar PBNU) kita mempersiapkan segala perangkat organisasinya, karena konferensi itu adalah kegiatan lima tahunan yang diadakan oleh kita sebagai organisasi," ujar Hasan Nuri saat dihubungi, Minggu (10/10/2021).

Pihaknya masih enggan membahas soal kandidat-kandidat calon ketua umum nanti. Tetapi dia meyakini apapun hasil di muktamar nanti diharapkan bisa membawa manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

"Kita berharap muktamar bisa menghasilkan gagasan yang brilian untuk bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya warga NU sehingga keberadaan organisasi ini terasa di warga NU sendiri dan secara umum oleh bangsa dan negara," ucapnya.

Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) merilis survei calon Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada posisi pertama muncul nama Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sementara petahana Said Aqil pada posisi ketiga.

Survei calon Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada posisi pertama muncul nama Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sementara petahana Said Aqil pada posisi ketiga.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret-5 April 2021. Basis sampel adalah 1.200 responden, dengan margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%. Sebanyak 30,2% total responden berasal dari segmen masyarakat yang merasa memiliki kedekatan dengan NU.

Berikut ini hasil survei itu:

1. KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jawa Timur) 24,7%
2. KH Hasan Mutawakkil Alallah 22,2%
3. KH Said Aqil Siroj 14,8%
4. KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha 12,4%
5. KH Yahya Cholil Staquf 3,7%
6. KH Marsyudi Syuhud 1,2%
7. KH Ahmad Fahrur Rozi Burhan 1,2%
8. KH Ali Maschan Moesa 1,2%
9. Tidak Tahu/Tidak Jawab 18,5%

Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan temuan survei itu memang memiliki sejumlah catatan. Dari hasil crossed-tabulasi asal responden, kata Umam, angka-angka dukungan warga nahdliyin terhadap nama-nama tokoh dalam survei ini dipengaruhi oleh lebih terbukanya dukungan warga nahdliyin dari basis wilayah Jawa Timur.

(yum/mso)