Wisatawan Serbu Lembang, Volume Kendaraan Naik 30 Persen

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 12:09 WIB
Lembang Bandung Barat
Foto: Lembang Bandung Barat (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus bergeliat di tengah pandemi COVID-19. Hal itu terlihat dari ramainya kunjungan wisatawan ke Lembang.

Berdasarkan pantauan detikcom pada Minggu (10/10/2021) siang, ruas Jalan Raya Lembang dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya disesaki kendaraan wisatawan yang hendak menuju objek wisata.

Di Lembang sendiri sejumlah objek wisata sudah diizinkan buka namun masih dalam tahap uji coba, di antaranya The Lodge Maribaya, The Great Asia Africa, dan Farmhouse.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan pada akhir pekan ini kondisi kawasan wisata Lembang lebih meriah daripada biasanya. Terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 30 persen dari akhir pekan sebelumnya.

"Untuk kondisi arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang sendiri pada akhir pekan ini meriah lancar. Ada peningkatan 30 persen volume kendaraan di jalan raya," ujar Erin kepada detikcom.

Kendaraan wisatawan yang memadati Jalan Raya Lembang sendiri didominasi oleh kendaraan dengan plat nomor Bandung Raya. Meskipun tak sedikit juga kendaraan dengan plat nomor Jakarta, Bogor, Subang, dan daerah lainnya.

"Yang mendominasi di hari Minggu ini dari Bandung Raya. Karena untuk wisatawan Jakarta itu justru hari Sabtu kemarin puncak kedatangannya, sekarang cenderung sudah arus balik," tegas Erin.

Volume kendaraan di ruas Jalan Raya Lembang bisa saja meningkat lebih tinggi jika tak ada penerapan pola ganjil genap di Tol Pasteur serta di simpang Ledeng, Bandung.

"Jadi kendaraan yang masuk ke Lembang ini sudah tersekat oleh ganjil genap di titik lain. Sementara di Lembang kita lebih selektif untuk mengarahkan kendaraan bernomor genap karena yang bisa masuk Lembang hanya yang bernomor ganjil," pungkas Erin.

(mso/mso)