ADVERTISEMENT

Limbah B3 Tumpah, Jalan Interchange Karawang Sempat Tersendat

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 16:19 WIB
Petugas membersihkan limbah B3 yang tumpah di jalan Karawang
Petugas membersihkan limbah B3 yang tumpah di jalan Karawang (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) tumpah di Jalan Interchange, Karawang Barat. Akibat, lalu lintas di lokasi kejadian sempat tersendat.

Dari pantauan di lapangan, tampak dua orang tengah membersihkan limbah B3 yang berserakan hingga ke badan jalan. Di lokasi, serakan limbah terlihat menumpuk di beberapa titik. Selain itu, dua petugas dinas perhubungan (Dishub) tengah mengatur laju lalu lintas yang sempat tersendat akibat serakan limbah B3.

Di dekat pos polisi di Jalan Interchange, satu unit truk jenis dump truk bernomor polisi H 8248 OW dengan dilabeli tanda memuat limbah B3, yang menjadi penyebab serakan limbah terparkir tidak jauh dari lokasi banyaknya tumpukan limbah.

Saat ditanyai, salah satu petugas kepolisian yang berjaga di lokasi, Tarjono mengatakan kejadian terjadi kurang lebih pukul 9 pagi."Karena masalah kail di truknya rusak, jadi limbahnya berceceran," kata Tarjono yang tidak ingin menyebut jabatannya, Rabu (6/10/2021).

Ia juga mengakui mobil truk ini memuat limbah dari PT Pindodeli 1 dan sudah ditangani oleh DLHK Karawang.

"Jadi muat limbah Pindodeli 1 tapi sudah ditangani sama DLHK," katanya.

Sementara itu dari kesaksian warga sekitar, Rohimah (31) pedagang nasi bebek menuturkan tumpahan limbah terjadi saat pagi hari dan berbau mirip tahu busuk.

"Iyah berbau kayak tahu busuk, bau banget, kalau kejadiannya jam berapa saya tidak tau tepatnya pastinya itu pagi hari," katanya.

Saat dikonfirmasi, Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan membenarkan adanya tumpahan limbah B3 PT Pindodeli 1.

"Infonya itu limbah lumpur padat atau sludge punya Pindo 1 yang mau diangkut ke Pindo 2, dan saat ini tengah diperintahkan untuk clean up areanya," kata Wawan saat dihubungi melalui telepon selular.

Untuk kronologisnya, pihaknya belum mendapatkan informasi jelasnya.

"Kronologisnya saya belum dapat, kita juga sedang menunggu laporannya," tandasnya.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT