Wisatawan Asal Banten Tewas Tenggelam di Curug Cikaso Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 15:56 WIB
Seorang wisatawan tewas tenggelam di Curug Cikaso Sukabumi
Seorang wisatawan tewas tenggelam di Curug Cikaso Sukabumi (Foto: Ismet Selamet)
Sukabumi -

Afan Ramadhan, pria asal Kelurahan Serdang Wetan, Kecamatan Legok Tanggerang, Banten ditemukan tewas tenggelam di Curug Cikaso, tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Informasi dihimpun, korban diketahui mendatangi lokasi wisata tersebut berlima bersama temannya sekitar pukul 19.15 WIB. Tiba di lokasi korban kemudian berenang di lokasi wisata air terjun tersebut sementara empat temannya menunggu di warung tidak jauh dari lokasi.

"Korban sempat ditegur oleh petugas kebersihan dan pemilik warung karena saat itu arus sedang deras, tapi korban tetap berenang dan langsung ke bibir curug. Sekitar beberapa menit kemudian penjaga warung teriak minta tolong karena korban tenggelam," kata Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Pazri Assidiq, Rabu (6/10/2021).

Mendengar teriakan penjaga warung, teman-teman korban dan beberapa warga di lokasi kejadian langsung berusaha menolong korban. Menggunakan peralatan seadanya mereka mencari korban di posisi terakhir tenggelam.

"Waktu itu, juga korban langsung di ketemukan karena posisi berenangnya masih di pinggir. Namun nyawa korban tidak bisa di selamatan," ujar Okih.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun petugas SARDA korban diketahui tenggelam saat berusaha naik ke bibir kolam air terjun. Namun naas korban diduga jatuh ke air dan tenggelam setelah sebelumnya terbentur batu.

"Sekitar pukul 09.45 korban ditemukan mengambang oleh warga dan teman-temannya di pinggir sungai yang lokasinya tidak jauh dari Tempat Kejadian Musibah (TKM). Waktu kejadian, kondisi air terjun tidak begitu besar. Namun disinyalir arus di bawahnya sangat kencang. Diduga korban belum mahir untuk berenang," paparnya.

Setelah dievakuasi, petugas gabungan dan pemerintah setempat langsung mengidentifikasi jasad korban yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan beserta Koramil dan Kepolisian Sektor Surade

"Korban yang sudah dievakuasi dari Curug Cikaso selanjutnya akan dibawa ke RSUD Jampangkulon untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan nantinya akan diserahkan kepada pihak keluarga korban," pungkas Okih.

(sya/mud)