Waspada! Jangan Tergiur Jasa Calo Seleksi CPNS di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 15:33 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Ilustrasi seleksi CPNS (Ilustrator: Luthfy Syahban/detikcom)
Bandung Barat -

Sebanyak 2.018 orang mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk CPNS dan PPPK Non Guru Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang digelar di Politeknik Bandung (Polban).

Pemkab Bandung Barat hanya menerima kuota CPNS sebanyak 113 orang dan PPPK sebanyak 101 orang. Namun jumlah pendaftarnya membludak dari kuota yang tersedia.

Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Bandung Barat meminta peserta seleksi tak mudah percaya terhadap orang atau calo yang mengiming-iming mampu meloloskan peserta pada tes tersebut. "Penilaian ini kan secara sistem, tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk oleh para pejabat tertentu. Makanya kalau ada yang mengiming-iming atau menjanjikan kelulusan (jasa calo), saya pastikan itu tidak benar dan jangan tergiur," ujar Ketua Panselda Bandung Barat Asep Sodikin, Selasa (5/10/2021).

Rincian peserta seleksi tersebut yakni 1.842 peserta mengikuti tes CASN baik CPNS maupun PPPK Non Guru di Bandung Barat. Sedangkan sebanyak 176 peserta mengikuti tes dengan lokasi di luar Bandung Barat, namun mereka mendaftarkan formasi di Bandung Barat.

"Total peserta tes ada 2.018, namun yang melaksanakan tes di sini (Polban) hanya 1.842 peserta, sisanya 176 peserta lokasi tesnya di luar KBB," kata Asep.

Mengingat saat ini masih pandemi COVID-19 maka pelaksanaan tes kepada 1.842 peserta di Polban dibagi ke dalam beberapa sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 200 peserta tes, mereka juga harus bebas COVID-19 dengan menunjukkan surat keterangan swab antigen.

"Hari ini berjalan lancar, karena terus diawasi juga oleh panitia dan Satgas COVID-19," ucap Asep.

(bbn/bbn)