Petugas Rutan Garut Gagalkan Penyeludupan Sabu dalam Tulang Ayam

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 10:57 WIB
Petugas Rutan Garut gagalkan penyelundupan sabu dalam tulang ayam
Petugas Rutan Garut gagalkan penyelundupan sabu dalam tulang ayam (Foto: Istimewa)
Garut -

Petugas menggagalkan upaya penyeludupan narkotika ke Rutan Garut. Barang diduga sabu diseludupkan pengunjung dengan cara dimasukan ke dalam tulang ayam.

Upaya penyelundupan sabu ke dalam lapas tersebut terjadi di Rutan Kelas II B Garut, Kecamatan Garut Kota, Senin (4/10) kemarin.

Menurut Kepala Rutan Kelas II B Garut RM Kristyo Nugroho, pengungkapan bermula dari kecurigaan jajarannya terhadap seorang pembesuk yang hendak mengantarkan makanan untuk warga binaan.

"Ada yang kirim makanan untuk warga binaan berupa sayur tahu dan ayam. Tapi setelah kita amati, ini sayur banyak tulangnya," ucap Kristyo kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Kristyo menjelaskan, kecurigaan itu terbukti. Petugas yang merasa ada yang aneh saat itu langsung memeriksa sayur tahu tersebut.

Tulang-tulang yang dicurigai kemudian dibongkar satu-persatu. Hasilnya, petugas menemukan bungkusan bening berisi serbuk kristal yang diduga sabu.

"Kita temukan satu bungkus paket kristal putih yang diduga narkotika jenis sabu di dalam salah satu tulang ayam," ungkap Kristyo.

Petugas Rutan kemudian langsung mengamankan pemasok makanan yang diketahui berinisial FT dan BM.

"Kami kemudian berkoordinasi dengan Sat Narkoba Polres Garut dan saat ini mereka sedang diperiksa," katanya.

(mud/mud)