Tinjau Progres Pembangunan Tol Cisumdawu, Luhut: Tuntas 2022 Awal

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 11:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu.
Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu di Interchange Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (30/9/2021).

Ketiga menteri diberikan penjelasan oleh sejumlah pelaksana proyek. Khusus pembangunan Interchange Cileunyi, dalam penjelasan pihak pengelola, pihaknya telah menambah sejumlah karyawan dan alat berat untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Di mana, dari rencana awal hanya 254 kini menjadi 459 karyawan. Kemudian, dari alat yang sebelumnya hanya menggunakan 1 launcher dan 4 support/ shoring kini menjadi 1 launcher, dua crane dan 8 support/ shoring.

Kemudian ada 3 titik pembangunan yang tengah dikerjakan oleh pengelola di sana, di antaranya Ramp 1, Ramp 2, dan jembatan penghubung serta jembatan utama.

Untuk Ramp 1 dan Ramp 2 ditargetkan akan selesai pada November 2021. Sedangkan untuk jembatan penghubung dan jembatan utama akan selesai pada Desember 2021.

Tidak berlangsung lama, ketiga menteri pun melanjutkan perjalanan. Sebelum pergi, Menko Marves dan Menteri Perhubungan membubuhkan testimoni. Testimoni tersebut pun sebagai bentuk harapan agar proyek Tol Cisumdawu dapat segera selesai dan dapat dipakai pada tahun 2022 nanti.

"Setelah dimulai 2011 akan dituntaskan 2022 awal, pekerjaan bagus, hebat. Selamat bekerja," tulis Luhut dalam sebuah kertas.

"Salut Semua, Bandung-Kertajati, awal 2022 selesai," tulis Budi Karya.

Selain ketiga menteri, Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir turut hadir. Dadang menuturkan, ketiga menteri berharap agar proses pembangunan proyek nasional ini dapat segera selesai.

"Mereka melihat kondisi faktual pembangunan Tol Cisumdawu, diharapkan akhir tahun selesai sehingga bisa dilalui dari Kertajati ke Bandung, dari Bandung ke Kertajati," ujarnya.

Simak juga 'Melihat Simpang Susun Cileunyi yang Mulai Diuji Coba':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)