Pasca Bentrokan Maut, Ormas di Cianjur Deklarasi Damai

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:03 WIB
Ormas yang sempat betrok di Cianjur sepakat berdamai
Ormas yang sempat betrok di Cianjur sepakat berdamai (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Pasca bentrokan maut di perbatasan Cianjur-Sukabumi, sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Cianjur melakukan deklarasi damai.

Deklarasi damai tersebut digelar di Mapolres Cianjur dengan disaksikan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda). Para pimpinan Ormas pun menandatangani kesepakatan untuk berdamai dan menjaga kondusifitas di Tatar Santri.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan para pimpinan Ormas diminta untuk menjaga anggotanya agar tidak lagi berseteru, terlebih tersulut isu dari luar daerah.

Doni juga meminta semua pihak bersatu dan menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk memajukan Cianjur.

"Disaksikan Forkopimda, semua Ormas di Cianjur sepakat untuk bersatu menghilangkan perbedaan untuk kemajuan Cianjur. Tidak ada lagi konflik, apalagi yang dipicu isu di luar daerah," kata dia, Rabu (29/9/2021).

Doni juga memastikan proses hukum akibat bentrokan di perbatasan Cianjur-Sukabumi beberapa hari lalu akan berlanjut. Bahkan saat ini sudah diamankan lima tersangka dan polisi juga tengah mengejar dua tersangka lainnya.

"Kita terus proses secara hukum kasus bentrokan yang mengakibatkan korban jiwa. Bahkan perkara korban luka pun kita proses di tingkat polsek," tuturnya.

Sementara itu, Dankoti MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Cianjur Rahmat Lemos, mengatakan akan mendukung Forkopimda untuk menjaga kondusifitas Cianjur.

Pihaknya juga menyerahkan proses hukum kasus meninggalnya salah seorang anggota PP dalam bentrokan maut tersebut ke pihak kepolisian.

"Kita percayakan pada polisi terkait kasus kemarin, kita juga sekapat dengan semua pihak untuk jaga kondusifitas Cianjur," ucap dia.

Senada Ketua Himpunan Wargi Cianjur (HWC) Raden Sulaeman, mengatakan sebagai warga Cianjur yang dikenal dengan karakter yang agamis, diharapkan tidak ada lagi konflik yang memicu keresahan masyarakat.

"Kita semua ini sama, warga Cianjur dan tinggal di Cianjur. Sudah seharusnya kita menjaga keamanan dan kondusifitas Cianjur kita semua sepakat untuk tidak ada lagi konflik, sepakat juga untuk bersama-sama membangun Cianjur ke depan," pungkasnya.

(mud/mud)