Respons Pemkot Bandung soal Drainase Tersumbat Sampah Picu Banjir

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 16:48 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Ilustrasi jalan terendam banjir (Ilustrator: Andhika/detikcom)
Bandung -

Drainase tersumbat sampah mengakibatkan banjir di Jalan Sudirman atau tepatnya kawasan Pasar Andir, Kota Bandung. Sekadar diketahui, pada Minggu (26/9), hujan turun berdurasi 30 menit mengakibatkan jalan tergenang. Tak hanya di Andir, banjir juga terjadi di kawasan Pagarsih dan Jalan Baladewa.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan pihaknya meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung agar segera melakukan pengerukan. "PU dengan unsur kewilayahan itu harus segera mempersiapkan saluran dan drainase, kita dorong untuk kewilayahan Gober itu kan fungsinya, melakukan perbaikan lingkungan karena dari hal kecil dan bermuara di tempat tertentu bisa terjadi (banjir besar)," kata Ema, Selasa (28/9/2021).

"Kita juga akan terus mengakselerasi sumur resapan, kolam retensi dioptimalkan seperti di Gedebage dan Jalan Bima ya," ujar Ema menambahkan.

Kepala Dinas PU Kota Bandung Didi Riswandi mengatakan pihaknya terus menormalisasi saluran air dan drainase di Kota Bandung. "Hari ini saya perintahkan (petugas DPU) untuk mengecek yang kemarin terjadi genangan," ucap Didi di Balai Kota Bandung.

Menurut dia, pihaknya kini tengah melakukan normalisasi saluran air di kawasan Cibaduyut dan Cijerah. "Jalan terus, kemarin fokusnya ke lokasi banjir besar ya di Cibaduyut dan Cijerah, itu yang paling besar," tutur Didi.

(wip/bbn)