TNI AL Bantu Gencarkan Vaksinasi di Ponpes Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 16:09 WIB
TNI AL Bantu Gencarkan Vaksinasi di Cirebon
TNI AL turun tangan menggencarkan vaksinasi di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

TNI AL menggelontorkan ribuan dosis vaksin di Pondok Pesantren (Ponpes) Kempek dan Buntet, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Vaksinasi menyasar santri dan masyarakat sekitar ponpes.

"Kita targetkan 6.000 dosis vaksin. Hingga siang ini yang sudah berjalan sekitar 1.700 vaksin," kata Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI KSAL Yudo Margono usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Ponpes Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Selasa (28/9/2021).

Yudo mengatakan serbuan vaksinasi massal itu merupakan upaya TNI AL untuk mencapai target. TNI AL menggandeng Polri, ponpes, Pemkab Cirebon dan instansi swasta lainnya.

"Kita laksanakan di ponpes-ponpes. Kita berharap santri-santri bisa segera mengikuti pembelajaran tatap muka. Kita terus gencarkan agar bisa mencapai target 70 persen penduduk di vaksin," ujar Yudo.

Menurut Yudo, capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon mencapai 23 persen dari target. Sekadar diketahui target vaksinasi di Kabupaten Cirebon sekitar 1,7 juta penduduk. Sementara itu, lanjut dia, capaian vaksinasi di Kota Cirebon mencapai 70 persen dari yang ditargetkan.

"Kita terus pacu vaksinasi khusus masyarakat di Kabupaten Cirebon. Sasar ke ponpes-ponpes dan masyarakat sekitar," kata Yudo.

Sementara itu, Yudo menjelaskan, serbuan vaksinasi TNI AL sudah dilakukan sejak Juni 2021. Awalnya vaksinasi menyasar wilayah pesisir, pulau terluar, nelayan dan lainnya.

"Sekarang kita ke tengah, menyasar pelajar, ponpes-ponpes dan masyarakat. Totalnya sudah 1,2 juta vaksin yang kita lakukan. Ketersediaan vaksin masih aman. Kita juga memiliki nakes," ucap Yudo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Eni Suhaeni mengatakan capaian vaksinasi tergantung pada kelancaran distribusi. "Memang saat ini baru 23 persen dari target 1,7 juta warga. Sekarang sudah lancar distribusi, tapi volume dikurangi," kata Eni.

Dia menjelaskan untuk bisa mencapai target vaksinasi hingga akhir tahun, Pemkab Cirebon harus melakukan vaksinasi sebanyak 40 ribu dosis setiap harinya. "Sekarang 40 ribu atau 30 ribu vaksin itu dilakukan selama sepekan. Harusnya untuk per hari," ujar Eni.

(bbn/bbn)