Bagikan Telur Gratis untuk Warga, Peternak Tasik: Harga Hancur

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 14:57 WIB
Peternak Tasik bagikan telur gratis kepada warga.
Foto: Peternak Tasik bagikan telur gratis kepada warga (Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya -

Harga telur ayam di Kabupaten Tasikmalaya anjlok. Kondisi itu dikeluhkan oleh para peternak. Salah satu peternak bahkan rela membagikan 2,5 ton telur ayam secara gratis kepada warga.

Pantauan detikcom, para peternak mendatangi beberapa lokasi untuk membagikan telur secara gratis. Mulai dari kawasan perempatan Muktamar Cipasung dan Bojongkoneng.

Kedatangan peternak langsung diserbu warga. Warga rela antre demi mendapat satu kilogram telur ayam secara gratis.

Banyaknya warga yang antre membuat petugas keamanan turun tangan. Mereka kewalahan atur warga yang abai protokol kesehatan tanpa masker dan jaga jarak.

"Saya antre pak dapat telur Alhamdulillah buat masak. Enggak tau kalau telur murah. Ah ada ini saya ambil ajah antre. Anak saya juga ikut antre dapat juga," kata Gisel, salah seorang warga.

Senada dengan Gisel, Rara juga rela antre bersama anaknya demi mendapat telur ayam gratis. "Saya mah masih mahal harga telur ayam sekarang teh. Walau buat peternak murah dan rugi," ucap Rara.

Peternak ayam Endang Abdul Malik atau yang dikenal Endang Juta mengaku bagikan telur ayam untuk bantu masyarakat di tengah pandemi. Apalagi, harga telur ayam tengah anjlok hingga membuatnya merugi.

"Harga telur hancur per kilo Rp 15 ribu, sementara biaya produksi bisa lebih Rp 19 ribu. Maka kami berinisiatif sedekahkan telur ayam kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai tolak bala wabah di masa pandemi COVID-19. Saya kalau bisnis sama manusia hitungan matematikanya enggak nyampai untuk saat ini. Saya bisnis sama Allah saja dengan berbagi," ungkap Endang Juta di lokasi.

Dia menyatakan membagikan telur ayam di beberapa titik di wilayah Kecamatan Singaparna. Seperti di Muktamar dan Bojongkoneng, Singaparna, sebanyak dua setengah ton.

"Rencananya kita seminggu sekali akan membagikan telur ayam di tempat berbeda-beda. Bantuan sosial ini murni dari kami perusahaan CV Putra Mandiri membantu orang yang membutuhkan," ucap dia.

Bantuan sosial ini, tambah dia, mendapatkan antusias yang cukup banyak dari masyarakat. Mudah-mudahan bisa membantu dan meringankan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 dan masyarakat yang susah mendapatkan telur.

"Kita akan terus melakukan bakti sosial. Seminggu sekali rencana membagikan telur kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, yang membutuhkan. Sejak awal anjlok sudah ratusan ton saya bagikan," ujarnya.

(mso/mso)