Polisi Amankan Sejumlah Pelaku Tindak Pidana Bentrok Ormas di Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 09:41 WIB
Bandung -

Bentrok organisasi massa (ormas) terjadi di empat wilayah Jawa Barat. Sejumlah orang diamankan akibat bentrok yang salah satunya mengakibatkan korban meninggal dunia.

"Ini ada 4 lokasi kejadian kemarin, intinya semuanya sudah diselesaikan, pelaku yang melalukan sudah diamankan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Selasa (28/9/2021).

Untuk jumlah yang diamankan, kata Erdi, pihaknya belum mengetahui secara jelas. Namun yang pasti, sambungnya, di beberapa wilayah sudah ada sejumlah pelaku yang diamankan.

"Sementara belum pasti, yang jelas banyak sekali dari Polresta Bandung kurang lebih ada 20 orang, intinya pelaku yang melakukan tindak pidana itu sudah diamankan oleh Polres setempat," tutur dia.

Untuk motif sendiri, Erdi mengatakan saat ini masih dalam penyelidikan. Polisi masih akan mendalami pemicu bentrokan dua ormas itu terjadi.

"Sedang kita selidiki, kemarin itu awalnya dari Sumedang, ini masalah kesalahpahaman, perselisihan saya harus cek dulu. Cuma yang jelas sudah terjadi, ada pengrusakan bahkan ada yang meninggal dunia, dan ini sudah ditangani Polres masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Sekretariat Ormas Pemuda Pancasila (PP) yang berlokasi di Jalan Mayor Abdurahman, Kecamatan Sumedang Utara diduga diserang oleh Ormas BPKB Banten, Minggu(26/9/2021) dini hari.

Bentrokan meluas hingga terjadi juga di Cianjur, Sukabumi dan Kabupaten Bandung. Satu orang meninggal dunia akibat insiden ini.

(dir/mso)