Longsor Ancam 4 Rumah-Jalan dan Sawah di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 18:56 WIB
Longsor mengancam sejumlah rumah warga di Bandung Barat
Longsor mengancam sejumlah rumah warga di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Peristiwa tanah longsor terjadi di daerah Dusun 1 Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (27/9/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Longsor yang mengancam sejumlah rumah warga di dusun tersebut terjadi usai hujan deras mengguyur selama beberapa jam. Tak cuma hunian, longsor juga berdampak pada jalan lingkungan dan sawah yang posisinya berada di bawah tebing titik longsor terjadi.

Menurut tokoh pemuda Dusun 1 Cisitu Miptahudin (31) mengatakan tebing yang ada di dusun tersebut mengalami pengikisan akibat aliran air yang deras dari bagian hulunya hingga berakhir pada terjadinya longsor.

"Ada beberapa titik longsor di Dusun 1 Cisitu, cuma memang yang paling terancam itu yang ada di wilayah saya berada. Jalan lingkungan terputus, irigasi terbendung material longsor, dan sebagian sawah rusak," ungkap Miptahudin saat dihubungi detikcom.

Dia menyebutkan beberapa rumah warga yang terdampak dan masih terancam potensi longsor susulan yakni rumah milik Marna (50), Kolim (55), Rudi Sahlan (38), dan Siti Fatimah (29).

"Pendataan kami baru 4 rumah yang terancam longsor susulan. Salah satu yang paling rawan milik Siti Fatimah karena berbatasan langsung dengan tebing di depannya dan kebetulan jalan di depannya sudah tergerus," jelas Miptahudin.

Kendati demikian warga yang rumahnya terancam longsor susulan belum mengungsi ke lokasi yang lebih aman ataupun ke rumah kerabatnya.

"Kalau sampai yang mengungsi belum ada, tapi kita warga waspada akan potensi longsor susulan. Kita lakukan patroli di titik yang rawan longsor dan menginformasikan ke aparat pemerintahan setempat," tegas Miptahudin.

Sementara itu Camat Gununghalu Hari Mustika mengatakan baru menerima informasi terkait kejadian longsor di daerah Dusun 1 Cisitu, Desa Sindangjaya. Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat.

"Kita baru dapat informasi awalnya barusan, dan akan segera kita cek ke lokasi longsor terjadi. Kita sedang lakukan rekap yang terdampaknya. Nanti akan diinformasikan lebih lanjut," kata Hari.

(mud/mud)