Tugu Pamulang Dibangun Oktober 2021 Usai Viral Disorot Warganet

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 14:45 WIB
Desain Tugu Pamulang yang diumumkan menang oleh Gubernur Banten Wahidin Halim (Instagram @wh_wahidinhalim)
Desain Tugu Pamulang yang diumumkan menang oleh Gubernur Banten Wahidin Halim. (Instagram @wh_wahidinhalim)
Serang -

Tugu Pamulang di Tangerang Selatan, Banten, rencananya dibangun Oktober 2021. Pembangunan tugu ini berbasis pemenang sayembara desain yang diikuti 1.103 peserta. Sekadar diketahui, Tugu Pamulang itu sempat viral disorot warganet karena perbedaan desain dan kenyataan,

Pemenang sayembara dengan nomor peserta TGP0655 dipilih oleh tim juri yang terdiri dari arsitek, budayawan dan Persatuan Insinyur Indonesia. Pemenang mendapatkan hadiah Rp 20 juta yang diserahkan langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim pada hari ini, Senin (27/9/2021).

Di momen penyerahannya, Wahidin mengatakan peserta yang ikut kompetisi ini cukup besar, meski hadiah yang tidak terlalu banyak. Tapi, antusiasme ribuan pendaftar menunjukkan bahwa banyak yang ingin berpartisipasi soal pembangunan di Banten.

"Memang sempat terjadi polemik perang opini, makanya masyarakat terlibat dan ikut partisipasi," ujar Wahidin.

Ia menambahkan, rencananya di tugu itu bisa saja ditambahkan fasilitas umum misalkan internet. Warga juga bisa bisa berfoto-foto di lokasi tugu.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas PUPR Arlan Marzan menjelaskan pembangunan tugu mulai pada minggu ketiga Oktober 2021. Total anggarannya adalah Rp 200 juta dengan target penyelesaian pembangunan pada akhir Desember.

"Pembangunan minggu ketiga di bulan Oktober. Rencana anggaran Rp 200 juta, tapi nanti kita lihat, mudah-mudahan bisa kurang," kata Arlan.

Anggaran itu merujuk pada kebutuhan pembangunan. Karena dalam waktu dekat, tim dari PU akan berkumpul dengan pemenang desain untuk mencocokkan bagaimana struktur bangunan dan material yang dibutuhkan.

"Agar supaya nanti jangan sampai desain sudah bagus, tapi ketika pelaksanaan jadi jauh dari desainnya, supaya pembangunannya bagus. Kami juga mempertimbangkan pemeliharaannya," ucapnya.

Menurut Arlan, Tugu Pamulang yang sekarang ada tidak dibongkar. Strukturnya dipertahankan, tapi akan ada renovasi berdasarkan desain pemenang.

"Strukturnya masih dipakai, jadi hanya renovasi tampilannya," ujar Arlan.

(bri/bbn)