Aksi Perusakan Markas Ormas di Sumedang, 3 Orang Terluka

Muhammad Iqbal, Nur Azis - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 20:01 WIB
Ilustrasi tawuran
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono/detikcom
Sumedang -

Sekretariat Ormas Pemuda Pancasila (PP) yang berlokasi di Jalan Mayor Abdurahman, Kecamatan Sumedang Utara diduga diserang oleh Ormas BPKB Banten, Minggu(26/9/2021) dini hari.

Kasatreskrim Polres Sumedang AKP Yanto Selamet membenarkan atas kejadian penyerangan itu. Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun tiga orang mengalami luka-luka.

"Iya, setengah tiga pagi, yang luka-luka ada, tapi tidak ada korban jiwa ya," kata Yanto saat dihubungi wartawan, Minggu (26/9/2021) malam.

Selain korban luka, sejumlah barang yang berada di kantor Sekretariatan PP pun ikut rusak akibat kejadian itu. Termasuk sepeda motor yang sedang terparkir.

"(Yang rusak) Barang-barang seputaran sekre, motor juga," ujarnya.

Sebagai upaya mendamaikan kedua belah pihak, kata Yanto, pihak Polres Sumedang telah memanggil para pimpinan dari kedua ormas tersebut berikut dengan membuat surat pernyataan agar tidak ada serangan susulan dari kedua belah pihak.

"Sementara untuk semua kerusakan dan korban luka, proses hukumnya diserahkan kepada pihak kepolisian," kata Yanto.

Pasca kejadian itu, tambah Yanto, sebagai upaya menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, pihak kepolisian akan menggelar patroli skala besar di seluruh wilayah hukum Polres Sumedang.

"Atas perintah Kapolres kami langsung akan melakukan patroli skala besar di masing-masing kecamatan agar tidak terjadi kejadian serupa," ujarnya.