Aksi Perusakan Markas Ormas di Sumedang, 3 Orang Terluka

Muhammad Iqbal, Nur Azis - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 20:01 WIB
Ilustrasi tawuran
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono/detikcom

Selain di Sumedang, posko sekretariat BPPKB Banten di Cicalengka, Kabupaten Bandung dirusak. Pengrusakan dilakukan oleh massa yang diduga dari ormas Pemuda Pancasila yang berasal dari Cimanggung, Sumedang.

Kapolresta Bandung Kombes Hendra Kurniawan menjelaskan, pengrusakan yang dilakukan ormas PP diduga akibat tersulut emosi pasca konflik yang terjadi di Sumedang.

"Jadi itu PP-nya Sumedang, ada bentrokan di sana (Sumedang). Kemudian merembet ke sini, ke posko BPPKB Banten yang berada di Cicalengka. Mereka (PP) diduga melakukan pengrusakan posko, posko BPPKB Banten," ucap Hendra saat dihubungi detikcom.

Belum diketahui pasti seperti apa konflik yang terjadi di Sumedang. Massa yang menyerang posko BPPKB Banten diperkirakan sekitar 30 orang. Pengrusakan terjadi pada Minggu (26/9/2021) pagi.

"Sekarang proses penyelidikan, sedang diidentifikasi siapa saja pelakunya. Apa penyebabnya sedang kita dalami," ucap Hendra.

Saat ini, pihaknya pun tengah melakukan penjagaan agar mengantisipasi terjadi bentrokan. Selain itu, ia pun meminta agar kedua ormas dapat saling menahan diri dan menunggu proses di jalur hukum.

"Kalau ormas di Kabupaten Bandung sudah kita kondisikan agar tidak terpengaruh dengan kejadian tersebut, termasuk BPPKB Banten dan PP di daerah. Kita berikan imbauan dan pemahaman, kita lihat proses hukumnya yang berlaku. Mari saling menahan diri," ucapnya.


(mso/mso)