30 Menit Diguyur Hujan, Jalan Sudirman Bandung Tergenang Air

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 14:21 WIB
Genangan air di Jalan Sudirman Bandung.
Foto: Genangan air di Jalan Sudirman Bandung (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Hujan dengan instensitas sedang mengguyur Kota Bandung. Kondisi itu membuat Jalan Sudirman tepatnya di kawasan Pasar Andir tergenang air cileuncang.

Pantauan detikcom, Minggu (26/9/2021) siang sekitar pukul 13.00 WIB meskipun hujan sudah reda dan matahari kembali terlihat, Jalan Sudirman masih tergenang air setinggi mata kaki orang dewasa.

Genangan air tersebut diakibatkan drainase di sekitar Pasar Andir tak berfungsi. Sehingga aliran air yang seharusnya mengalir di saluran drainase meluber ke jalan raya dan mengakibatkan genangan.

Selain itu, beragam jenis sampah uang didominasi sampah pasar berserakan di pedestrian yang ada jalan tersebut karena tersapu oleh aliran air yang meluber.

Arus lalu lintas di jalan itu pun tersendat, karena kendaraan yang melintas di jalan itu harus menurunkan kecepatan kendaraannya akibat adanya genangan air.

"Tadi hujannya paling setengah jam an," kata Ujang, salah satu juru parkir di Pasar Andir.

Ujang mengungkapkan meskipun durasi hujannya tidak terlalu lama dan air masih mengenang diakibatkan aliran air yang masuk ke Pasar Andir merupakan kiriman dari kawasan Ciroyom.

"Ini kiriman dari Ciroyom," ungkapnya.

Ujang menyebut, jika air kiriman dari Ciroyom habis maka genangan air yang ada di kawasan itu pun akan menyusut hingga surut.

"Bentar lagi juga surut, kalau masih ada kiriman ya bakal gini," ujarnya.

Tak hanya di Jalan Sudirman, jalan yang ada di depan Pasar Andir pun juga sama tergenang. Hal tersebut diakibatkan, aliran air yang berasal dari Ciroyom itu tidak masuk ke saluran drainase melainkan meluber ke jalan raya.

"Waktu itu pernah dikeruk, ya mungkin banyak lagi sampahnya," tambah Ujang sambil menunjuk ke saluran drainase.

Simak video 'Prakiraan Cuaca BMKG: Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)