Salut! Aksi Kompak Tim Penyelamat Bocah Pendaki di Gunung Guntur

Hakim Ghani - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 09:29 WIB
Tim Penyelamat Bocah Pendaki di Garut
Tim SAR gabungan menemukan bocah pendaki yang sempat hilang selama hari di Gunung Guntur Garut. (Foto: dok.Sabhara Polres Garut)
Garut -

M Gibran (14), bocah pendaki yang sempat hilang selama lima di Gunung Guntur Garut, ditemukan selamat. Ditemukannya Gibran ini tak lain berkat perjuangan dan kekompakan tim SAR gabungan yang pantang menyerah.

Gibran ditemukan tim SAR gabungan di hari kelima dia menghilang pada Jumat (24/9) sore. Dia ditemukan di kawasan Curug Cikoneng yang terletak sekitar 750 meter dari pos 3 yang menjadi titik terakhir Gibran terlihat.

Perjuangan tim SAR selama lima hari melakukan pencarian patut diacungi jempol. Mereka berhasil menaklukkan medan curam berbatu khas Gunung Guntur.

Ahmad Fauzi (22) seorang relawan mengatakan, medan terjal jadi kendala yang dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan pencarian.

"Saya ikut di hari ketiga dan keempat. Yang saya rasakan medannya terjal cukup ekstrem," kata Ahmad saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (25/9/2021).

Tim Penyelamat Bocah Pendaki di GarutTim SAR gabungan menemukan bocah pendaki yang sempat hilang selama hari di Gunung Guntur Garut. (Foto: dok.Sabhara Polres Garut)

Selain itu, mereka juga dihadapkan dengan kondisi cuaca berkabut dan hujan yang setiap hari selama proses pencarian turun tiba-tiba. Proses pencarian bahkan sempat dihentikan hari Senin (20/9) saat hujan turun tak terduga dan kabut menghalangi pandangan petugas yang siap beraksi.

"Untuk cuaca seperti ini tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian. Hujan dan kabut terus turun," kata Rafik, Koordinator Lapangan Tim Basarnas saat itu.