Cerita Ditemukannya Bocah Pendaki yang 5 Hari Hilang di Gunung Guntur

Hakim Ghani - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 08:26 WIB
Tim Penyelamat Bocah Pendaki di Garut
Tim SAR gabungan menemukan bocah pendaki yang sempat hilang selama hari di Gunung Guntur Garut. (Foto: dok.Sabhara Polres Garut)
Garut -

M Gibran Arrasyid (14), pendaki yang hilang misterius di Gunung Guntur Garut, akhirnya ditemukan. Gibran ditemukan di hari kelima dia menghilang.

Gibran ditemukan tim SAR gabungan pada Jumat (24/9) sore, pukul 16.00 WIB. Dia baru bisa dievakuasi pada pukul 17.41 WIB karena medan yang terjal.

"Sekira pukul 16.00 WIB unsur SAR gabungan menerima informasi dari warga bahwa survivor (Gibran) ditemukan di Curug Cikoneng. Kemudian dievakuasi pada pukul 17.41 WIB," ucap Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah.

Gibran ditemukan di kawasan Curug Cikoneng. Deden menyebut, lokasinya sekitar 750 meter dari titik awal hilangnya Gibran di kawasan Pos 3 Gunung Guntur.

Dalam foto-foto yang beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp, Gibran tambak sedang terduduk saat pertama kali ditemukan. Dia kebingungan dan lesu.

Setelah berhasil dievakuasi, petugas kemudian membawanya ke Puskesmas Tarogong untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Salah seorang perawat yang berjaga di Puskesmas Tarogong mengatakan, Gibran dalam kondisi baik saat ini. "Kondisinya bagus, hanya dehidrasi dan luka lecet di kaki," katanya.

Simak Video: Hilang Misterius di Gunung Guntur, Bocah Pendaki Ditemukan Selamat

[Gambas:Video 20detik]




Gibran menghilang misterius dalam kegiatan pendakian di Gunung Guntur Garut pada Minggu (19/9) lalu. Kejadian bermula saat Gibran dan 13 orang temannya muncak hari Sabtu.

Mereka tiba di Pos 3 Gunung Guntur sekitar pukul 17.00 WIB. Lantaran mulai gelap, mereka kemudian memutuskan untuk bermalam di sana.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, dari keterangan saksi, keesokan harinya sekira pukul 04.00 WIB rombongan bergegas melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Guntur.

Anehnya, saat itu Gibran dikabarkan enggan ikut dengan rombongan dan memilih bertahan di tenda.

Sekitar 4 jam kemudian, tepatnya pukul 08.00 WIB, rombongan yang kembali turun ke pos 3 dari puncak menemukan Gibran sudah tidak ada di tenda.

Setelah berupaya mencari hingga siang, mereka akhirnya melaporkan kejadian hilangnya Gibran ke petugas.

Pencarian kemudian dilakukan oleh petugas kala itu, namun tidak membuahkan hasil. Gibran akhirnya bisa ditemukan dalam kondisi selamat lima hari kemudian.

(bbn/bbn)