Catat! Akhir Pekan Ini Bandung Kembali Terapkan Pola Ganjil Genap

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 11:16 WIB
Kebijakan ganjil genap kendaraan tak hanya dilakukan di gerbang tol (GT) Bandung. Ganjil genap turut diberlakukan lajur Bandung menuju Lembang Bandung Barat.
Ganjil genap di Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Pola ganjil genap kembali ditetapkan di Bandung pada akhir pekan ini. Pada penerapan pekan ke empat ini, mobilitas kendaraan masuk ke Bandung diharapkan mampu kembali ditekan.

"Betul (kembali diterapkan) tiga hari ke depan, Jumat, Sabtu dan Minggu," ucap Kabid PDKT Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara kepada detikcom, Jumat (24/9/2021).

Pola ganjil genap di Bandung sendiri diterapkan di lima gerbang tol (GT) masuk Bandung seperti di GT Pasteur, GT Pasirkoja, GT Kopo, GT Moch Toha dan GT Buahbatu. Selain gerbang tol, penerapan ganjil genap ini juga diberlakukan di jalur menuju lokasi wisata seperti di kawasan Ledeng, Setiabudhi.

"Untuk di Ledeng CB (cara bertindak) beda. Dia tidak menggunakan aglomerasi. Sementara di lainnya pakai," kata Asep.

Aglomerasi yang dimaksud berupa kendaraan mana saja tak khusus dari luar kota bila tak sesuai tanggal ganjil genap akan diputarbalik di Ledeng. Sementara di gerbang tol khusus nomor polisi luar kota.

"Hari ini tanggal genap, berarti yang ganjil diputarbalik," tutur dia.

Asep menambahkan penerapan ganjil genap pekan keempat ini diharapkan bisa menekan laju mobilitas di Bandung. Pada pekan sebelumnya, sambung dia, penurunan mobilitas di Kota Bandung turun signifikan.

"Sangat signifikan. Hampir 45 persen penurunannya," ujarnya

Lihat juga video 'Anak-anak Sudah Bisa Masuk, Mal Bandung Ramai Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)