Kisah Haru Keluarga Bawa Mayat Bayi dan Aksi Spontan Polisi Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 13:40 WIB
Polisi Sukabumi bantu warga yang kendaraannya mogok
Foto: Tangkapan layar video viral
Sukabumi -

Sebuah kendaraan MPV mengangkut satu keluarga mendadak mogok di sekitar Pertigaan Gunung Butak, Palabuhanratu, Sukabumi. Hal itu memantik perhatian Aipda Wiwin Winardi anggota Satlantas Polres Sukabumi yang tengah melakukan pengaturan lalu lintas.

Saat Wiwin menghampiri, ternyata kendaraan itu membawa jasad bayi yang baru berusia 7 hari. Tanpa berpikir panjang, Wiwin langsung memboyong jasad bayi dan ibunya untuk diantarkan pulang ke Kampung Pasjat RT 001 RW 004, Kecamatan Cikakak yang berjarak sekitar 10 kilometer dari lokasi.

"Kejadiannya sekitar jam 06.00 WIB, saya sedang jaga dan atur lalu lintas di Pos Lantas Gunung Butak, saat itu saya melihat ada kendaraan mogok. Posisinya menghambat laju kendaraan lain yang melintas," kata Wiwin melalui sambungan telepon, Kamis (23/9/2021).

Wiwin sempat menanyakan kenapa kendaraan tersebut mogok. Wiwin cukup kaget saat Desi Ristiani sang ibu menceritakan bahwa ia dan keluarganya baru pulang dari rumah sakit dan membawa jasad bayinya yang berusia 7 hari.

"Saya tanya kenapa, katanya mobilnya mogok, terus mereka bilang sedang bawa mayit. Otomatis saya kaget, katanta meninggal jam 05.30 WIB pagi tadi, saat itu juga saya antar ke Cikakak sekitar 10 km dari lokasi," ucap Wiwin.

Wiwin mengaku spontan membantu karena terenyuh melihat kondisi keluarga yang tengah berduka. "Kondisinya saya lihat nereka semua di luar berduka nangis-nangis sementara jasad bayi di pangkuan ibunya.

"Mayat bayi usia 7 hari dalam perjalanan pulang suaminya enggak ada cari bengkel, saya disitu sudah ada mogok, sudah lama. Keluarganya di luar duduk sambil nangis ayah bayi itu sedang cari bengkel. Akhirnya saya spontan ambil mobil pribadi saya dan mengantar mereka," pungkas Wiwin.

Video rekaman saat Wiwin menolong keluarga bayi tersebar di aplikasi perpesanan. Melalui keterangannya Ipda Aah Saepul Rohman Kasi Humas Polres Sukabumi juga membagikan keterangan dalam video.

"Mohon izin melaporkan anggota yang sedang melaksanakan gatur pagi di pos gn butak membantu mobil yg sedang mogok ternyata di dalam mobil ada anak usia 7 hari meninggal dunia, anggota mengantarkan kerumah duka di kec.cikakak," ucap Aah.

(sya/mso)