Bupati Pandeglang Minta Pria Ngaku 'Raja' Ditindak

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 15:58 WIB
Bupati Pandeglang minta pria ngaku raja diproses hukum
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Foto: Rifat Alhamidi)
Pandeglang -

Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta penegak hukum tidak membiarkan pria yang mengaku sebagai 'raja'. Kalau terbukti melakukan tindakan menyimpang, perlu diproses hukum

"Karena kalau misalkan enggak ada silsilah rajanya dan ternyata memang halu, itu harus ada proses. Harus ada tindak lanjut dari penegak hukum," katanya kepada wartawan saat ditemui usai sidang paripurna di gedung DPRD Pandeglang, Banten, Rabu (22/9/2021).

Namun demikian, Irna tetap memilih supaya penyelesaian ulah 'sang raja' itu dilakukan melalui pendekatan persuasif. Ia pun tak mau aktivitas kelompok ini malah nantinya membuat gaduh seperti kasus Kerajaan Sunda Empire di Jawa Barat.

"Kayak Sunda Empire itu kan persepsi yang menyesatkan. Makanya pendekatannya harus persuasif, camat sudah saya perintahkan supaya datangi mereka, tanya kepada mereka khawatir memang mereka ini punya permasalahan yang akhir malah halu seperti ini," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang pria misterius bernama Iskandar Jamaludin Firdaus tiba-tiba membuat geger publik di Pandeglang, Banten. Bagaimana tidak, dia secara mengejutkan mengaku sebagai 'raja' dengan klaim telah ikut membantu membangun rumah warga miskin di Pandeglang.

Setidaknya, para pengikut Iskandar mengklaim telah membantu membangun 30 rumah warga miskin di Pandeglang. Namun ternyata, sosok Iskandar malah dikenal sebagai orang yang tertutup dan jarang bersosialisasi dengan masyarakat walaupun ada kegiatan-kegiatan keagamaan di kampung tersebut.

(mud/mud)