Bocah Pendaki Hilang Misterius, Gunung Guntur Ditutup Sementara

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 12:17 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Ilustrasi orang hilang (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Garut -

Pencarian keberadaan M Gibran (14), bocah pendaki yang hilang misterius di Gunung Guntur Garut, hingga saat ini masih berlanjut. Petugas menutup sementara jalur pendakian untuk mempermudah proses pencarian.

Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Masrokhan mengatakan, pendakian ke Gunung Guntur ditutup sementara. "Betul kami sudah berkoordinasi dengan BKSDA untuk menutup sementara jalur pendakian," ujar Masrokhan, Rabu (22/9/2021).

Jalur pendakian menuju Gunung Guntur dari berbagai jalur ditutup sementara selama tujuh hari masa pencarian sejak Senin (20/9). Penutupan dilakukan untuk memudahkan proses pencarian.

"Kami imbau sementara untuk tidak mendaki dulu hingga proses pencarian selesai," kata Masrokhan.

Sekadar diketahui, Gibran seorang pendaki asal Kecamatan Pangatikan hilang misterius di Gunung Guntur pada Minggu (19/9) pagi. Hal tersebut bermula saat dia bersama 13 orang teman yang baru dia kenal muncak pada Sabtu (18/9) sore. Saat itu, mereka bermalam di kawasan Pos 3 Gunung Guntur.

Keesokan harinya, Minggu sekitar pukul 04.00 WIB, rombongan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak. Namun, dikabarkan Gibran enggan ikut dan memilih bertahan di tenda.

Singkat cerita, saat rombongan kembali turun ke pos 3, Gibran diketahui sudah menghilang. Masrokhan menjelaskan, saat ini petugas gabungan tengah meneruskan upaya pencarian. Selain menutup jalur daki, petugas juga melakukan sejumlah strategi untuk menemukan Gibran.

"Tim dibagi beberapa regu. Ada seratusan orang dari berbagai unsur yang saat ini sedang melakukan pencarian," ucap Masrokhan.

Cuaca menjadi tantangan tersendiri dalam proses pencarian Gibran. Sebab, di lokasi, kerap diguyur hujan lebat belakangan ini.

Simak video 'Bocah Pendaki Hilang di Gunung Guntur, Tim SAR Gabungan Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)