Pengusaha Muda Ini Siap Berebut Kursi Asprov PSSI Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 19:15 WIB
Anggota TAP Ramram menyatakan siap maju jadi Caketum Asprov PSSI Jabar
Anggota TAP Ramram menyatakan siap maju jadi Caketum Asprov PSSI Jabar (Foto: Istimewa)
Bandung -

Bursa perebutan kursi nomor satu Asprov PSSI Jawa Barat menguat. Setelah sebelumnya muncul anggota DPRD Jabar, kini seseorang bernama Ramram Mukhlis Ramdani pun siap maju menjadi orang nomor satu di Asprov PSSI Jabar.

Keikutsertaan Ramram dalam pencalonan tersebut didasari ketertarikannya terhadap sepak bola. Ramram sendiri diketahui mengelola sejumlah klub sepak bola di Bandung.

Menurut Ramram, sepak bola khususnya di Jawa Barat perlu beberapa perbaikan agar kualitas kompetisi hingga pembibitan generasi muda semakin membaik. Sebab, kata dia, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari masyarakat Indonesia.

"Sepak bola olahraga yang memiliki daya tarik global. Sepak bola itu kegiatan sosial karena melibatkan banyak orang," ujar Ramram dalam keterangannya, Selasa (21/9/2021).

Ramram mengatakan sepak bola juga berperan dalam membentuk dan mempertahankan nilai, karakter serta cara hidup bangsa.

"Sepak bola selalu menjadi cerminan dari suatu masyarakat," kata dia.

Ramram juga menjelaskan soal rencana pengembangan sepak bola di Jabar. Salah satunya terkait dengan pembinaan klub, pelatih, wasit dan unsur lainnya.

Dia juga menyebut PSSI perlu berkolaborasi dengan semua pihak dalam menciptakan iklim sepak bola. PSSI perlu kerjasama dengan swasta/pemerintah dalam menggelar kompetisi di semua tingkatan. Sebab, dia menilai selama ini klub harus menanggung biaya mahal setiap menjalani kompetisi.

"Kalau kolaborasi diperluas, biaya kompetisi bisa semakin murah, bahkan bisa gratis," ujar dia.

Dengan kompetisi yang berjalan baik, kata dia, pesepakbola handal akan lahir dengan sendirinya.

"Makanya perlu inovasi dan terobosan baik dalam pengelolaan, menjalankan maupun hal-hal administratif di lingkungan Asprov PSSI Jawa Barat," tuturnya.

"Dengan segala kesungguhan, kemampuan, dan kesanggupan yang saya miliki, berniat membaktikan diri dan mensedekahkan waktu dan pikiran saya untuk kemajuan PSSI Jawa Barat," ujarnya menambahkan.

(dir/mud)