Camat Pantau Keluarga Jaka Ramadhan Pengawal Ali Kalora di Pandeglang

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 12:04 WIB
Barang bukti penembakan teroris MIT Ali Kalora
Foto: Barang bukti penembakan kelompok MTI (Mohammad Qadri/detikcom).
Pandeglang -

Camat Bojong, Pandeglang, Banten Endin Haerudin memastikan akan terus memantau keluarga Jaka Ramadhan, pengawal Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora yang tewas dalam baku tembak dengan Satgas Madago Raya di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pemantauan itu dilakukan lantaran Endin khawatir pihak keluarga Jaka ikut terpapar paham radikalisme.

"Sedang kami agendakan, nanti kami mau silaturahmi ke rumahnya buat pendekatan. Yang pasti, keluarganya akan kami pantau terus perkembangannya," katanya saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon di Pandeglang, Selasa (21/9/2021).

Rencananya, kata Endin, pihaknya akan datang bersama kepolisian ke rumah ibu Jaka Ramadhan di Kecamatan Bojong. Ia berharap sang ibu bisa menerima kepergian anaknya dengan ikhlas dan mau bersosialisasi lagi ke lingkungan masyarakat.

"Lewat pendekatan persuasif kami ingin ibu sama keluarganya tidak ikut-ikutan terpengaruh dengan kondisi yang ada. Mudah-mudahan harapan kami mereka bisa kembali lagi ke masyarakat, itu yang akan kami pantau terus," ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Madago Raya menembak dua orang anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Sulawesi Tengah (Sulteng) yakni Ali Kalora dan Jaka Ramadan. Identitas Jaka pun telah teridentifikasi dan tercatat sebagai warga di Kecamatan Bojong, Pandeglang, Banten.

Namun, Jaka diketahui sudah puluhan tahun tidak menetap di rumahnya di wilayah Bojong, Pandeglang. Dia pun dikabarkan sudah sejak lama pergi ke Sumatera Tengah hingga akhirnya bergabung dengan kelompok MIT pimpinan Ali Kalora.

Ali Kalora sendiri sebelum tewas ditembak bersama anak buahnya masuk dalam enam DPO Satgas Madago Raya. Keempat DPO itu adalah warga Bima.

Satgas Madago Raya pun masih memburu 4 anggota MIT yang menjadi DPO usai pimpinan mereka Ali Kalora tewas ditembak. Satgas berharap operasi pengejaran itu segera tuntas.

Simak video 'Polisi Pastikan Tembak Mati Ali Kalora dan Jaka Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)