Pencuri di Sukabumi Gondol Motor 10 Detik Cuma Pakai Alat Ini

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 19:37 WIB
Pencuri di Sukabumi bobol motor hanya 10 detik
Pencuri di Sukabumi bobol motor hanya 10 detik (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Polisi menggelar jumpa pers terkait aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di wilayah hukum Polres Sukabumi. Ada alat unik yang ditunjukan polisi, benda berwarna merah itu disebut magnit. Dengan alat itu, pelaku bisa membobol pengaman kunci hanya dalam beberapa detik saja.

Peralatan itu konon diperoleh dari sesama pelaku curanmor, alat itu dianggap efektif menjebol besi magnit pelindung kunci yang biasanya terdapat di motor metik. Total ada tiga orang pelaku yang diamankan Satreskrim Polres Sukabumi terkait kejahatan tersebut.

"Tersangka ada yang berstatus resedivis, motor-motor hasil curian itu mereka jual lagi seharga Rp 2 juta permotor. Peralatan mereka komplit, kita jadikan barang bukti diantaranya ransel 2 set kunci letter T lengkap dengan belasan anak kuncinya. Selain itu kita amankan juga 3 unit motor hasil curian," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah kepada awak media, Senin (20/9/2021).

Soal alat berwarna merah yang berfungsi menjebol pengaman kunci itu dijelaskan Kasatreskrim AKP Rizka Fadhila. Ia menyebut alat itu diperoleh dari sesama pelaku kejahatan spesialis curanmor.

"Fungsinya untuk motor yang menggunakan pelindung pakai alat ini jadi bisa merusak tutup mata kunci, membuka pelapis magnetnya itu lho," kata Rizka.

Rizka menjelaskan dengan alat itu plus mata kunci yang dibawa pelaku, mereka bisa beroperasi mencuri motor hanya dengan waktu 10 detik. "Bongkar lalu ambil hanya dalam waktu 10 detik," imbuhnya.

Benda pembongkar lapisan pelindung itu berukuran kecil hanya sekitar dua buku jari orang dewasa. Di bagian depannya terdapat empat lubang berlapis magnet. Para pelaku yang diamankan beroperasu di kawasan Sukabumi Tengah dan Sukabumi Utara.

"Mereka ini merupakan kelompok jaringan pelaku yang beroperasi di Sukabumi Tengah meliputi Palabuhanratu, Cikidang, Warungkiara lalu kelompok pelaku Utara mrliputi Parungkuda, Cicurug dan sebagainya. Dapat dilihat adanya alat bukti letter T dan belasan anak kunci jadi modusnya dia itu dengan sengaja merusak mata kunci dari motor dan salah satu pelaku mengambil motor. Sasaran mereka bukan hanya yang parkir tapi juga di dalam rumah yang sudah tergembok menjadi sasaran kelompok pelaku," pungkas Rizka.

Para pelaku inisial AR, JS dan MY mereka dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

(sya/mud)