Sembunyikan Setengah Kg Sabu di Sandal, Kurir Narkoba Ditangkap BNN Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 16:16 WIB
Rilis penangkapan kurir sabu di Bandara Soetta
Foto: Rilis penangkapan kurir sabu di Bandara Soetta (Istimewa).
Serang -

Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten menangkap seorang kurir sabu di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Sabu seberat setengah kilogram disimpan oleh pelaku inisial S (2) asal Bogor di sandal.

Kepala BNN Banten Hendri Marpaung mengatakan tersangka ditangkap pada Senin (13/9) sekitar pukul 12.15 WIB di Terminal II Soetta. Ia terbang dari Medan dan membawa sabu dari bandar untuk diantar ke Tangerang.

"Kita olah informasi dari masyarakat selama 2 minggu, menunggu keberangkatan karena informasi ada penyelundupan dari Sumatera ke Banten," kata Hendri di BNN Banten, Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Senin (20/9/2021).

Tim langsung kerja sama dengan Avsec bandara dan Bea Cukai Kanwil Banten untuk melakukan kontrol terhadap pelaku. Begitu datang, tim langsung menggiring tersangka ke sebuah ruangan khusus di bandara.

"Kita lakukan SOP penggeledahan, ternyata tidak ditemukan di tas, kantong. Terakhir kita buka sandal ternyata ada 2 bungkus plastik bening isinya ice cristal, kita timbang 500.299 gram atau 0,5 kilo atau setengah kilo," ujarnya.

Tersangka langsung dibawa ke BNN untuk pendalaman jaringan. Saat ini, BNN masih melakukan penyelidikan siapa bandar dari kurir tersebut.

Hendri menambahkan tersangka mengaku kurir dan mendapat Rp 10 juta sekali pengiriman. Barang akan dikirim ke Tangerang. Tersangka mengaku baru sekali, namun kemungkinan pelaku sudah mengirim sabu dari Medan beberapa kali.

"Pengakuan sekali antar dapat Rp 10 juta. Kalau pengakuan pasti satu kali, tapi sudah kemungkinan sudah berulang karena biasa, waktu ditangkap orangnya santai, biasa," ujarnya.

Dari tangan tersangka BNN menyita sabu seberat setengah kilogram, uang tunai, ATM dan sandal tempat menyembunyikan sabu.

(bri/mso)