Pakar Kejiwaan Sebut Pria Onani di Bandung Alami Gejala Parafilia

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 12:50 WIB
Pemotor tertangkap kamera onani di depan SD di Bandung
Pemotor onani di depan SD Bandung (Foto: tangkapan layar video)
Bandung -

Pakar kejiwaan dari RS Melinda 2 Bandung dr Teddy Hidayat mengatakan, pria bermasker yang melakukan masturbasi atau onani di depan sekolah dasar di Bandung mengalami gejala parafilia.

"Ya sebetulnya gangguan seperti itu masuk ke dalam kelompok parafilia, parafilia itu deviasi atau penyimpangan seksual," ujar Teddy saat dihubungi detikcom, Senin
(28/9/2021).

Ia menjelaskan, deviasi seksual itu memiliki banyak ragam. Mulai dari pedofilia yang di mana individu dewasa yang tertarik melakukan aktivitas seksual dengan anak-anak, hingga voyeurism atau kecenderungan seseorang untuk mengintip area privasi atau aktivitas seksual individu lainnya.

"Kalau yang ini (onani di tempat umum) masuknya ke dalam kategori eksibisionisme, ini kecenderungan yang berulang. Yang pasti orang ini tidak hanya sekali, tapi ini sudah berulang kali dan kondisi ini menetap untuk memamerkan alat kelaminnya kepada orang asing," ujar Teddy.

"Orang asing itu biasanya lawan jenisnya, dia laki-laki ke perempuan atau sebaliknya. Biasanya ditunjukannya di tempat umum seperti sekolah, mal, ada juga yang dilanjutkan dengan masturbasi," ujarnya.

Eksibisionis ini, dikatakan Teddy, biasanya mengharapkan respon dari orang yang melihat untuk meningkatkan gairah seksualnya. Apakah respon dari targetnya itu kaget, takut atau terpana.

"Nah respon itu yang membuat gairah seksualnya meningkat. Sampai saat ini belum ada data atau penelitian yang bisa membuktikan penyebab pasti dari gangguan ini, apakah karena faktor biologis, anatomi atau pola asuh dan sebagainya, tetapi ini biasanya merupakan akumulatif dari berbagai faktor," tutur Teddy.

Aksi cabul yang dilakukan seorang pria bermasker di pinggir jalan Kota Bandung terekam kamera. Dalam video itu, terlihat pria itu nekat melakukan mastrubasi atau onani di pinggir jalan yang ramai, tepatnya di depan sebuah SD yang berada di Jl Merdeka.

Dalam dua video yang diterima detikcom, pelaku yang menunggangi sepeda motor melakukan onani di depan gerbang sekolah.

Saat melancarkan aksinya, pria yang tidak diketahui identitasnya itu mengenakan helm dan masker. Ia tampak melirik ke sejumlah arah, terlihat juga cairan berwarna putih memancar dari balik tangan tersebut.

(yum/mud)