Kuras Kendaraan dari Lembang, Polisi Buka-Tutup Jalur di Ledeng

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 20:28 WIB
Polisi melakukan buka tutup jalan di kawasan Lembang
Polisi melakukan buka tutup jalan di kawasan Lembang (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Petugas kepolisian memberlakukan sistem buka-tutup jalan di simpang Ledeng, Cidadap, Kota Bandung pada Minggu (19/9/2021). Pasalnya, volume lalu lintas kendaraan yang turun dari arah kawasan wisata Lembang cukup padat.

Pantauan detikcom pada pukul 19.30 WIB, petugas menutup sementara jalan dari arah kampus UPI Bandung menuju Lembang. Sebaliknya, arus kendaraan dari arah Sersan Bajuri dan Lembang diberlakukan dua lajur menuju Bandung kota.

"Arus lalu lintas khususnya di depan Terminal Ledeng yang mana jalur Setiabudi ini alternatif atau jalur yang mengarah ke wisata Lembang ini, ada dua jalur krusial Setiabudi dan Sersan Bajuri. Tadi terpantau dari arah Lembang cukup banyak," kata Ipda Jaja PS Kanit Patroli Polsek Cidadap di Terminal Ledeng, Minggu malam.

Jaja mengatakan, kepadatan lalu lintas ini dikarenakan arus balik wisatawan. Menurutnya, antrean kendaraan ini pun sempat mengekor dari wilayah Cidadap hingga ke wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Malam ini yang wisata pada balik kanan, ternyata terjadi kepadatan adanya antrean panjang sampai ke Lembang. Kami dari kepolisian khususnya sektor Cidadap memberlakukan sistem buka tutup yang di mana sistem buka tutup ini untuk menguras kendaraan dari arah Lembang yang melalui jalur Setiabudi dan Sersan Bajuri," katanya.

Jaja mengatakan, kendaraan yang melintas ke arah Lembang pada akhir pekan ini didominasi oleh kendaraan luar kota Bandung. Diduga pengendara tersebut merupakan wisatawan yang hendak menuju Lembang.

"Kami buka tutup, dipantau dari bawah ke arah Lembang relatif sedikit. Waktu itu kami pakain untuk menguras kendaraan yang menuju Kota Bandung dengan buka tutup ini. Alhamdulillah kecepatan sudah ada penambahan dari 5 kilometer perjam, sekarang sudah bisa 20-25 kilometer perjam," katanya melanjutkan.

(yum/mud)