Heboh Pengakuan ASN Sukabumi yang Selalu Bawa Pistol, Ini Faktanya

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 23:19 WIB
ilustrasi smartphone
Foto: Unspslah
Sukabumi -

Link video youtube berdurasi 11 menit tersebar di aplikasi perpesanan, dalam video itu diketahui seorang pria berseragam ASN mengaku membawa pistol yang disembunyikan d ibalik jaket hitam.

Diketahui, pria itu bernama Zaizal Zainal berprofesi sebagai ASN yang bertugas di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Buniwangi Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Dalam video yang diketahui diunggah setahun yang lalu itu, Zaizal mengaku terpaksa membawa pistol karena diancam preman.

"Beginilah keadaan saya kondisinya dimana dalam melaksanakan tugas sehari-hari sejak tahun pertengahan 2002 sampai 2019 bulan Januari saya melaksanakan tugas selalu membawa ini (menunjukan pistol) dan ditutupi dengan jaket hitam ini," kata Zainal di awal video, seperti dilihat detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Selain menjelaskan kondisinya yang pernah mengalami depresi Zainal juga dalam menit yang lain menjelaskan alasannya membawa pistol.

"Kemudian latar bepakang saya menggunakan ini, yaitu tahun 2003 pertengahan mei saya pernah diserang oleh seorang preman terminal Kecamatan Gegerbitung bernama Ucok, saya diserang dan diancam lalu istri dan mertua beserta kakak ipar beserta suaminya sengaja membiarkan dan tidak membela saya," ujar Zainal.

Penjelasan Polisi

Sementara itu, melalui catatan rilis yang ditetima detikcom dari Polres Sukabumi. Diketahui bahwa pistol yang dibawa oleh Zainal ternyata hanya pistol korek api. Polisi juga menjelaskan soal kondisi Zainal.

"Pihak Kepolisian dari Unit Paminal Polres Sukabumi bergerak cepat dengan menyelidiki video dan mendatangi pria yang ada dalam video yang beralamat di Kampung Mekarjaya, Desa Sukamanah, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi. Dari hasil penyelidikan tim Propam Polres Sukabumi menurut keterangan kepala balai penyuluhan pertanian kabupaten Sukabumi saudara Zainal telah di berhentikan secara tidak hormat pada bulan Maret 2021 karena tidak pernah melaksanakan kedinasan di BPP Kecamatan Gegerbitung, kabupaten Sukabumi sejak tahun 2018," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah.

Polisi juga mencarintahu fisik pistol yang dibawa Zainal seperti yang terekam dalam video. Termyata pistol tersebut adalah korek api yang menyerupai senjata api.

"Selain ittu fakta yang ditemukan juga ternyata senpi yang di tampilkan dalam video tersebut merupakan senpi palsu yang merupakan korek api berbentuk senjata api," sambung Dedy.

Terkait keterangan zainal yang mendapat ancaman preman, hingga saat ini dikatakan Dedy masih dalam tahap pemyelidikan Polres Sukabumi.

"Kepolisian Polres Sukabumi mengamankan senpi korek api tersebut dari tangan Zainal dan kasus viralnya curhatan ASN yang mendapat ancaman dari preman tersebut masih dalam penyelidikan pihak polres Sukabumi," pungkasnya.

(sya/ern)