Genjot Pemasaran Produk UMKM, Pemkab Ciamis Luncurkan Aplikasi SIPP

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 12:38 WIB
Pemkab Ciamis meluncurkan aplikasi untuk menggenjot pemasaran UMKM
Pemkab Ciamis meluncurkan aplikasi untuk menggenjot pemasaran UMKM (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Pemkab Ciamis meluncurkan aplikasi SIPP (sistem informasi pembinaan pelaku usaha). Tujuannya untuk membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan memasarkan produknya agar tepat sasaran.

Mengingat kendala yang dihadapi para pelaku UMKM selain modal yakni dari pemasaran. Banyak pelaku UMKM yang gulung tikar karena produknya tidak dipasarkan dengan baik.

"Aplikasi ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Ciamis yakni mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua," ujar Kepala DKUKMP Ciamis David Firdha di Setda Ciamis, Rabu (15/9/2021).

David menjelaskan manfaat aplikasi SIPP ini untuk pemasaran produk UMKM agar lebih dapat diterima masyarakat luas dan tepat sasaran. Selain itu dapat memudahkan pembinaan dan pendampingan terhadap para pelaku UMKM.

Menurut David saat ini data pelaku UMKM di Ciamis belum optimal. Sehingga dengan apliasi SIPP ini seluruh pelaku UMKM di Ciamis terdata dan mendapat pembinaan untuk meningkatkan produk dan pemasarannya.

"Dengan aplikasi SIPP ini data UMKM di Kabupaten Ciamis lebih terintegrasi," ungkapnya.

Aplikasi SIPP ini pun sebagai upaya digitalisasi UMKM di Ciamis. Semua urusan UMKM bisa dilakukan di aplikasi tersebut. Seperti memperoleh perizinan produk usahanya yang bisa diurus melalui online dengan keuntungan bisa langsung turut memasarkan produk tersebut.

"Ada pelayanan informasi bagi UMKM maupun konsumen, izin usaha, edukasi, pembinaan dan berbagai menu mengenai UMKM lainnya," jelasnya.

Melalui aplikasi SIPP ini diharapkan pelaku UMKM dapat menghasilkan produk berkualitas, memiliki daya saing dan meningkatnya kesejahteraan.

(mud/mud)