Berjatuhan Massal di Cirebon, Burung Pipit yang Hidup Dilepas-Dipelihara

ADVERTISEMENT

Berjatuhan Massal di Cirebon, Burung Pipit yang Hidup Dilepas-Dipelihara

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 18:25 WIB
Rombongan burung pipit berjatuhan dan mati massal di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat. Begini potretnya.
Burung pipit berjatuhan dan mati massal di Balai Kota Cirebon. (Foto: dok. Istimewa)
Cirebon -

Fenomena burung pipit berjatuhan dan mati massal di Kota Cirebon, Jawa Barat, menggemparkan masyarakat. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kota Cirebon langsung meneliti penyebab mati massal burung pipit.

Fenomena burung pipit mati massal ini awalnya menyedot perhatian pegawai Balai Kota Cirebon, Jawa Barat. Pegawai setempat langsung membersihkan bangkai burung pipit yang berserakan di halaman Balai Kota Cirebon.

"Yang mati itu kita karungin dan dibuang di tempat pembuangan," kata Raharjo Utomo alias Ojo salah seorang ASN di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021).

Ojo mengatakan burung pipit yang jatuh di halaman Balai Kota Cirebon itu tak semuanya mati. Beberapa di antaranya masih selamat. Menurut Ojo, sejumlah burung yang masih selamat beberapa di antaranya dilepasliarkan langsung. Namun, ada beberapa yang dipelihara dan dirawat oleh pegawai.

"Kalau yang hidup itu ada yang diambil orang, ya dipelihara. Ada juga yang langsung dilepas lagi. Yang dibiarkan juga ada," kata Ojo.

Sebelumnya, DKPP Kota Cirebon menduga fenomena burung pipit mati massal itu dikarenakan pestisida dan perubahan cuaca. "Burung itu kan unggas, mungkin juga habis makan tanaman yang mengandung pestisida. Bisa juga karena perubahan musim. Prediksinya secara ini mungkin karena musim," tutur Tri Angka, dokter hewan yang juga bertugas sebagai tim medis veteriner DKPPPP Kota Cirebon.

Petugas dari DKPPP Kota Cirebon telah mengambil sampel untuk pengujian lebih lanjut terhadap fenomena mati massalnya burung pipit. Petugas juga melakukan swab terhadap burung yang mati.

Simak Video: Selain di Bali, Fenomena Burung Pipit Mati Massal Juga Ada di Cirebon

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT