Erick Thohir Bantu Bangun Jembatan Tangerang-Serang di Sungai Cidurian

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 17:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Solear di Sungai Cidurian, perbatasan Serang-Tangerang.
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Solear di Sungai Cidurian, perbatasan Serang-Tangerang (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Warga Desa Cikuya di Solear Kabupaten Tangerang dan Desa Mekarbaru di Kopo Kabupaten Serang selama ini menggunakan rakit untuk menyeberang di Sungai Cidurian. Mereka perlu memutar belasan kilometer jika ingin ke pasar, sekolah atau sekedar bertani di kampung seberang.

Rencananya, jembatan penghubung akan dibuat oleh Menteri BUMN Erick Thohir khususnya di titik antara Kampung Koja di Tangerang dan Kampung Kabayan di Serang. Rencana pembangunan itu ia sampaikan saat mengunjungi lokasi tersebut pada Minggu (12/9/2021).

Kepada warga di Solear, Erick sempat minta warga agar mau gotong royong saat pembangunan jembatan. Ia juga minta izin ke warga bernama Marsudin, seorang penarik rakit yang sudah bertahun-tahun mengantarkan warga.

"Insya Allah kita bangun jembatan di sini, bapak, ibu, anak-anak sekolah bisa memanfaatkan," kata Erick di Tangerang, Banten, Minggu (12/9/2021).

Erick menyatakan jembatan yang dibuat di Solear bisa punya dampak besar bukan hanya masyarakat sekitar. Ia perlu minta izin ke penarik rakit karena selama ini bergantung penghasilan dari jasa menyeberangkan orang. Orang itu kemudian akan diberi modal karena berjasa menyeberangkan orang-orang sekitar.

"Kalau jembatan sudah jadi saya ke sini lagi. Ibu, bapak, pak Marsudin nanti saya cari. Carikan tempat terbaik untuk usahanya, beliau sudah berkorban," kata Erick.

Saat berbincang dengan warga setempat, seseorang bernama Julaeni ke Erick mengatakan warga di Solear mau ke Mekarbaru karena kepentingan tani, sekolah bahkan ke pasar. Yang paling membutuhkan jembatan justru anak-anak apalagi saat berangkat ke sekolah.

"Ke pasar lebih dekat akses ke sana (kampung seberang). Kalau muter lumayan jauh, belasan kilometer," ujar Julaeni ke Erick.

Tonton juga Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)