Tersangka Korupsi Dana Hibah Rp 1,7 M, Pengurus Kadin Jabar Ditahan?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 15:37 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Penyidikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung telah memeriksa pengurus Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Pemprov Jabar senilai Rp 1,7 miliar. Penyidik saat ini tengah mengevaluasi hasil pemeriksaan tersebut.

"Memang sudah dilakukan pemeriksaan dan dia juga kooperatif. Jadi untuk langkah selanjutnya ini tim penyidik masih mengevaluasi hasil penyidikan untuk langkah-langkah ke depan," ucap Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar Dodi Gazali Emil saat dihubungi, Jumat (10/9/2021).

Dodi mengatakan proses pemeriksaan saksi masih akan dilakukan. Beberapa saksi yang dibutuhkan akan dipanggil penyidik untuk melengkapi penyidikan.

"Yang jelas saksi-saksi masih akan dipanggil," kata dia.

Disinggung soal penahanan, Dodi mengatakan sejauh ini memang belum ada penahanan. Menurut dia, penahanan itu dikembalikan ke penyidik.

"Penahanannya itu nanti merupakan langkah dari penyidik, harus melihat prosesnya. Kalau penahanan itu waktunya sudah dibatasi, cuma pada dasarnya itu kewenangan penyidik," katanya.

Seperti diketahui, Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung tengah mengusut dugaan korupsi dana hibah senilai Rp 1,7 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Kadin Jabar. Beberapa pengurus Kadin Jabar ikut diperiksa.

Kejari pun sudah menetapkan tersangka atas kasus itu. Tatan ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Penetapan tersangka ini berdasarkan surat penetapan tersangka dengan nomor 3263/M.210/Fd./07/2021. Surat dikeluarkan pada 15 Juli 2021.

(dir/mud)