Kapal Terbakar di Perairan Maluku, 18 Warga Sukabumi-Cianjur Hilang

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 08:52 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Ilustrasi orang hilang. (Ilustrator: Mindra Purnomo/detikcom)
Sukabumi -

Kapal Motor (KM) Hentri terbakar di perairan Maluku Tenggara (sebelumnya ditulis Maluku Utara) pada Jumat (3/9) lalu. Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon baru mendapat informasi tersebut pada Rabu (8/9).

Berdasarkan keterangan resmi Basarnas Ambon, seluruh ABK dan Kapten Kapal KM Henti berjumlah keseluruhan 32 orang. Dari jumlah itu lima orang di antaranya selamat. Basarnas masih berusaha melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, terkait nama dan asal para korban.

"Informasi yang diterima Basarnas Ambon, pada saat KM Hentri terbakar, sebanyak 30 orang ABK melompat menyelamatkan diri ke dalam air dan hanyut terbawa arus sekitar 20 mil dari Pulau Mulo. Pada 6 September sekitar pukul 13.00 WIT, lima orang ABK berhasil ditemukan oleh Kapal Motor Pencari Telur Ikan yang berasal dari Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara, dalam keadaan selamat," kata Humas Basarnas Ambon Rizky Budianto melalui sambungan telepon dengan detikcom, Kamis (9/9/2021).

Rizky juga menjelaskan selain 30 orang yang terjun ke laut, dua orang diketahui bertahan di atas kapal. Informasi yang ia terima dua orang itu terjebak saat kapal terbakar.

Lima orang selamat itu tiga di antaranya warga Sukabumi. Korban selamat yaitu Ardian Rahman (Sukabumi), Angga Pramudya (Sukabumi), Asep Suryana (Sukabumi) kemudian Hengki (Palembang) dan Lasari (Ambon).

"Mereka dievakuasi ke Desa Mun Pulau Tanimbar Kei guna mendapatkan perawatan. Menurut keterangan dari salah satu korban selamat, mereka mengaku melompat saat kapal terbakar. Sebanyak 30 orang melompat ke air dan berenang menjauhi kapal. Namun karena gelombang tinggi mereka terpisah, lima orang yang berhasil dievakuasi oleh kapal pencari telur ikan," ujar Rizky.

Tercatat ada belasan warga Jawa Barat yang berada di kapal tersebut. Mereka terdiri 17 warga Sukabumi dan 1 warga Cianjur.

Berikut data korban yang selamat dan hilang:

Warga Sukabumi

1. Ardian Rahman (Selamat)
2. Angga Pramudya (Selamat)
3. Asep Suryana (Selamat)
4. Adam Fauzan (Hilang)
5. Maman (Hilang)
6. Suhendar (Hilang)
7. Indra (Hilang)
8. Adam (Hilang)
9. Suparman (Hilang)
10. Yusuf (Hilang)
11. Andri (Hilang)
12. Salim (Hilang)
13. Damar (Hilang)
14. Didin (Hilang)
15. Heru (Hilang)
16. Arifin (Hilang)
17. Ade Setiawan (Hilang)

Jakarta

1. Resa Rendy (Hilang)
2. Imron (Hilang)
3. Wawan (Hilang)
4. Angga (Hilang)
5. Agus (Hilang)
6. Saputra (Hilang)
7. Putra (Hilang)
8. Akmal (Hilang)

Palembang

1. Hengki (Selamat)

Ambon

1. Lasari (Selamat)

Cianjur

1. Anggi (Hilang)

Jatim

1. Bayu (Hilang)

Belum diketahui asal daerahnya

1. Cikun (Hilang)
2. Tomi (Hilang)
3. Belum diketahui identitas (Hilang)

Simak juga 'Kapal Mati Mesin di Perairan Banggai Sulteng, 8 ABK Hilang Kontak':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/bbn)